Sukses

Cara Merawat Sneakers Tetap Bersih dan Awet

Liputan6.com, Jakarta Sepatu sporty atau lebih dikenal dengan istilah sneakers memang nyaman digunakan sehari-hari. Namun, bukan berarti sepatu ini tidak memerlukan perawatan.

Sama seperti sepatu lainnya, sneakers butuh dirawat. Ini untuk membuat sneakers awet dan tetap nyaman digunakan. Lantas, bagaimana cara tepat merawatnya?

Remon Nessa, kolektor sneakers, mengatakan, sneakers akan lebih awet bila sering dipakai. Sebab, ini akan membuat materialnya lebih fleksibel mengikuti gerakan kaki.

Sneakers yang terlalu lama disimpan akan rusak dengan sendirinya. Entah karetnya rusak atau bagaimana. Yang jelas, semakin lama disimpan, tidak dipakai, sneakers akan lebih cepat rusak,” kata Remon kepada Liputan6.com di Jakarta, Jumat (27/1/2017).

Namun setelah dipakai, sebaiknya sneakers dibersihkan terlebih dahulu sebelum disimpan. Ini akan mencegah kotoran dan debu yang merusaknya.

“Sebelum disimpan, memang sneakers harus bersih. Ini akan membuatnya lebih awet karena debu dan kotoran itu bisa merusak sneakers,” ujar pemilik ratusan sneakers ini.

Pria yang sudah mengoleksi sneakers dari tahun 90-an ini pun terbiasa membersihkan sneakers dengan cairan pembersih yang sudah banyak ditemui di pasaran. Untuk membuat sneakers anti air dan noda, Anda juga dapat menyemprotkan bahan khusus yang dapat melapisi sneakers.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.