Sukses

Ini Rahasia dalam Kabin Pesawat yang Jarang Diketahui

Liputan6.com, Jakarta Pesawat tentu jadi transportasi andalan untuk Anda pergi traveling. Sebab, transportasi ini jauh lebih cepat dibandingkan dengan angkutan yang lain.

Sudah sering wara-wiri naik pesawat, namun sudahkan Anda mengetahui rahasia yang ada di sana?

Dirangkum dari berbagai sumber, Senin (30/01/2017) berikut ini beberapa rahasia dalam pesawat yang harus Anda ketahui. 

1. Lampu Pesawat Diredupkan

Saat sedang take off maupun landing, lampu pesawat selalu diredupkan. Anda mungkin bertanya mengapa ini terjadi. Ternyata, lampu yang diredupkan ini merupakan bagian dari sistem keselamatan pesawat.

Para awak kabin dan penumpang pun bisa melihat lampu atau simbol emergency yang tertera di dalam pesawat agar terlihat jelas. Lampu yang redup ini pun dapat memudahkan penumpang untuk melihat kondisi di luar pesawat.

2. Tiap Warna Lampu Punya Arti

Banyak yang tak begitu memperhatikan kalau lampu pesawat kerap kali berubah warnanya saat penerbangan sudah dimulai. Ternyata, warna yang berbeda-beda pada lampu tersebut memiliki maksud dan tujuan yang penting lho.

Lampu putih digunakan sebagai tanda pesawat dalam keadaan siap. Lampu biru untuk memberikan kesan nyaman dan perasaan tenang selama penerbangan. Lampu jingga dinyalakan untuk membangkitkan selera makan dan modifikasi cuaca dalam kabin.

3. Kabin Rahasia

Beberapa pesawat yang melayani rute perjalanan panjang ternyata memiliki kabin rahasia yang biasa digunakan oleh para awak kabin beristirahat.

Walau berukuran kecil, kabin rahasia ini ternyata memiliki fasilitas yang cukup lengkap.Mereka bisa beristirahat  dengan tenang di sini. Lokasi kabin rahasia ini umumnya berada di atas kabin penumpang tepat di belakang kokpit.

4. Masker Oksigen

Masker oksigen adalah benda penting yang harus ada di dalam pesawat. Masker oksigen ini hanya digunakan di saat darurat. Ternyata masker oksigen yang ada di dalam pesawat hanya berfungsi selama 15 menit saja lho!

Ada alasan mengapa hanya berfungsi sebentar. Hal ini dapat menjadi indikator atau penanda dalam waktu kurang dari 15 menit pesawat harus dibawa ke ketinggian yang aman agar dapat bernafas dengan normal kembali.

5. Jendela Pesawat

Ada banyak sekali fakta tentang jendela pesawat yang mungkin saja Anda belum tahu. Contohnya adalah alasan mengapa penutup jendela harus dibuka saat landing atau take off. Hal ini ternyata dilakukan untuk mempersiapkan diri pada situasi darurat.

Selain itu,desain jendela bulat pada pesawat ternyata dimaksudkan untuk merekayasa tekanan internal dan eksternal. kemungkinan turbulensi ketika berada di atmosfer yang lebih rendah pun bisa berkurang.

Ke manapun tujuan liburan Anda, jangan lupa untuk selalu cek Reservasi.com. Dapatkan informasi promo tiket pesawat dan hotel setiap harinya di sini.