Sukses

Cegah Alpukat Berubah Warna Jadi Kecokelatan dengan Trik Ini

Liputan6.com, Jakarta Buah alpukat menjadi salah satu buah favorit semua orang. Karena selain rasanya yang enak, alpukat juga bisa dijadikan berbagai olahan makanan yang menyehatkan. Seperti jus alpukat, selai roti atau salad.

Namun, sayangnya warna buah alpukat yang tadinya hijau kekuningan, bisa berubah warna menjadi kecokelatan atau mengalami oksidasi. Hal ini bisa terjadi jika Anda sudah memotongnya menjadi 2 bagian, lalu mendiamkannya dalam suhu ruangan.

Warna kecokelatan yang terdapat pada buah alpukat ini membuat olahan makanan jadi tidak segar lagi. Nah, ada cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk membuat alpukat tidak mudah berubaha warna menjadi kecokelatan, seperti dilansir dari berbagai sumber, Selasa (31/01/2017)

1. Gunakan perasan jeruk nipis atau lemon
Cairan asam seperti air perasan jeruk nipis atau lemon bisa memperlambat proses oksidasi. Cobalah memberikan air perasan jeruk nipis atau lemon pada alpukat yang sudah dibelah dua sebelum disimpan dalam lemari es.

2. Bungkus dengan plastic wrap
Setelah memotong alpukat menjadi dua bagian, semprot menggunakan cooking spray. Lalu, coba satukan kembali tanpa membuang bijinya hingga benar-benar rapat seperti sebelum dipotong. Kemudian, bungkus menggunakan plastic wrap atau alumunium foil hingga tidak ada udara yang tersisa. Terakhir, masukkan alpukat ke dalam lemari es.

Anda bisa melihat hasilnya di keesokkan harinya, voila! Buah alpukat akan tetap segar dan tidak berubah menjadi kecokelatan. Selamat mencoba!

Artikel Selanjutnya
Merlion Frappuccino, Minuman Susu yang Segar dan Kaya Manfaat
Artikel Selanjutnya
6 Jenis Buah Ini Efektif untuk Perawatan Kulit Anda