Sukses

9 Tips Keselamatan Saat Mengemudi

Liputan6.com, Jakarta Ketika Anda pertama kali belajar mengemudi, Anda akan mendapatkan tips dan petunjuk tentang cara mengemudi yang paling aman, hingga cara menyesuaikan kecepatan pada kondisi jalan yang berbeda.

Namun sayangnya, bagi Anda yang sudah terbiasa mengemudi, cenderung lupa beberapa saran penting tersebut. Untuk itu, yuk kita ingatkan kembali apa saja tips mengemudi yang penting untuk diingat agar selalu terhindar dari masalah di jalan raya, seperti yang dikutip dalam Lifehack, Jumat (28/1/2016).

1. Pastikan waktu Anda cukup

Anda mungkin memiliki jadwal yang padat dengan segudang kegiatan yang harus diselesaikan. Biasanya saat terburu-buru Anda cendrung mengemudikan mobil dengan kecepatan tinggi yang cukup berisiko.

Agar Anda terhindar dari bahaya, pastikan waktu tempuh dari titik A ke titik B yang harus Anda lalui cukup dan tak terburu-buru. Bahkan, jika mungkin, Anda bisa menambahkan beberapa menit dari perkiraan waktu agar Anda bisa beristirahat sejenak.

1 dari 4 halaman

Pastikan Anda tidak terganggu

2. Pastikan Anda tidak terganggu

Anda harus berkonsentrasi saat mengemudi di jalan. Hindari penggunaan smartphone dan perangkat elektronik lainnya. Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa penggunaan alat elektronik menyebabkan kecelakaan saat mengemudi lebih dari 330.000 orang setiap tahun di Amerika Serikat.

3. Pusatkan pikiran Anda

Penggunaan GPS atau aplikasi penunjuk jalan membuat kita jarang merencanakan perjalanan. Anda merasa sudah cukup dan tidak perlu menanyakan arah kepada orang lain. Jangan biarkan itu terjadi dan pusatkan pikiran Anda untuk mencari jalan yang terbaik. 

2 dari 4 halaman

Periksakan perkiraan cuaca

4. Periksakan perkiraan cuaca

Ini merupakan hal penting yang kadang dilupakan. Tidak ada salahnya Anda membiasakan diri dengan melihat perkiraan cuaca sebelum mempersiapkan perjalanan. Anda bisa mengantisipasi semua hal dan memperkecil gangguan selama perjalanan yang berkaitan dengan cuaca.

5. Jangan stres

Jika Anda kesal menghadapi kemacetan, ambil napas dalam-dalam dan berpikirlah bahwa semua akan baik-baik saja.

Anda tidak perlu emosi dan membuat konsentrasi mengemudi terganggu. Apabila jalur Anda dipotong pengendara lain, tetap tenang dan berpikirlah mungkin ada sesuatu yang darurat, sehingga mereka melakukan itu.

Cobalah mengalihkan pikiran Anda dengan mendengarkan lagu yang membuat Anda nyaman.

3 dari 4 halaman

Periksa kondisi mesin mobil Anda

6. Periksa kondisi mesin mobil Anda

Patuhi jadwal servis kendaraan Anda. Jangan biarkan Anda mempertaruhkan sejumlah masalah yang nantinya akan menimbulkan masalah.

Anda perlu mengganti oli mesin, cek tekanan udara pada ban, hingga lampu secara rutin.

7. Patuhi tata tertib

Selalu menjaga tata tertib di jalan dengan selalu mematuhi rambu lalu-lintas. Jangan biarkan keteledoran Anda membahayakan orang lain.

8. Jangan mengantuk saat berkendara

 Jika Anda akan mengemudi dalam jarak jauh, pastikan Anda tidur dengan baik malam sebelumnya.

Jangan lupa untuk beristirahat setidaknya setiap beberapa jam untuk meregangkan kaki Anda dan pergi ke kamar mandi. Pastikan juga asupan akan makanan sehat secara teratur untuk menjaga energi dalam tubuh

9. Selalu siap sedia peralatan darurat

Pastikan Anda membawa informasi dan kontak asuransi kendaraan hingga jasa derek. Siapkan juga peralatan saat darurat seperti kabel jumper dan ban cadangan agar Anda dapat mengemudi di jalan dengan siap.

Tera Tri Yusepi

Artikel Selanjutnya
Top3 Berita Hari Ini: Tindakan Saat Rem Blong dan Bonceng Kambing
Artikel Selanjutnya
Begini Cara Melibas Tikungan yang Benar