Sukses

7 Tempat Terbaik Rayakan Imlek di Seluruh Dunia

Liputan6.com, Jakarta Tahun baru menurut kalender Masehi memang telah berlalu, namun tahun baru Imlek justru baru akan diperingati pada tanggal 28 Januari mendatang. Jika Anda ingin merayakan kemeriahan tahun baru imlek, Anda bisa mengunjungi tempat-tempat terbaik berikut ini seperti dilansir dari All Women Stalk, Rabu (24/01/2017). Tempat-tempat berikut merupakan tempat yang sangat direkomendasikan dari seluruh dunia sebagai destinasi utama saat merayakan hari raya imlek selain di China.

1. Hong Kong

Bagi banyak orang yang menyukai suasana pesta, Hong Kong terkenal akan beragam festival yang ramai dan penuh warna. Selama 15 hari, di Hong Kong banyak menyelenggarakan festival untuk merayakan tahun baru Imlek. Anda dapat meyaksikan parade barongsai yang menari di sekitar Tsim Sha Tsui pada tanggal 28 Januari. Sebuah kembang api akbar juga akan diluncurkan di Victoria Harbour yang memuntahkan percikan kembang api berwarna merah dan mewarnai langit Hong Kong.

2. London

Kampung China di ibukota negara Inggris akan sangat meriah saat tahun baru imlek. Jika Anda mencari tempat terbaik untuk merayakan Imlek di luar benua Asia, London adalah pilihan utama. Pada tahun ini, parade Imlek akan dilaksanakan pada tanggal 29 Januari. Anda bisa menyaksikan antraksi barongsai di jalan-jalan. Sebuah panggung raksasa akan didirikan untuk menampilkan para artis yang didatangkan langsung dari China. Pesta tersebut tentu saja akan ditutup dengan nyala kembang api yang spektakuler.

1 dari 6 halaman

3. Ho Chi Minh City

Masyarakat Vietnam menggunakan kalender yang sama dengan China, yaitu sama-sama berdasarkan perhitungan bulan yang dikenal dengan kalender Tet. Perayaan tahun baru di Vietnam biasanya dilaksanakan selama 3-5 hari, namun kebanyakan orang Vietnam memperingati tahun baru bersama-sama dengan keluarga tercinta. Seperti saat hari raya Idul Fitri di Indonesia, banyak para pekerja Vietnam yang sehari-hari bekerja di kota akan pulang kampung alias mudik ke kota asal mereka dan mengunjungi sanak keluarganya. Meskipun begitu, bukan berarti perayaan tahun baru di Ho Chi Minh City sepi-sepi saja. Ho Chi Minh City layak menjadi destinasi terbaik jika Anda ingin merayakan tahun baru imlek secara lebih bermakna.

2 dari 6 halaman

4. San Fransisco

Komunitas orang China berkembang pesat di San Fransisco sehingga kota ini menjadi salah satu tempat terbaik merayakan imlek. Di tahun ini, di San Fransisco akan diadakan dua perayaan besar untuk merayakan imlek yaitu The Chinese New Year Flower Fair dan The Chinatown Community Street Fair. Dalam perayaan tersebut akan dipilih seorang Miss Chinatown. Tak lupa diramaikan oleh antraksi barongsai, akrobat, dan tarian yang ditampilkan oleh lebih dari 100 penari.

3 dari 6 halaman

5. Singapura

Singapura akan mengadakan perayaan terbesar dan termegah dalam rangka tahun baru Imlek. Tahun baru Imlek di Singapura diperingati selama dua hari pertama dalam kalender China, yang juga ditetapkan sebagai hari libur nasional. Perayaan tahun baru di Singapura akan diadakan dengan sentuhan tradisional. Tak ketinggalan parade penuh warna, barongsai, dan kembang api yang sepektakuler.

4 dari 6 halaman

6. Helsinki

Memang sedikit mengejutkan bahwa ibukota Finlandia menjadi salah satu tempat terbaik merayakan tahun baru China. Perayaan Imlek di Helsinki telah diadakan sejak 2008. Festival akan dimulai pada 27 Januari di tengah-tengah Lasipalatsi Square. Akan ada parade barongsai di Three Smiths Statue, dimeriahkan juga oleh pertunjukan kungfu. Juga terdapat pasar dadakan yang menyediakan aneka makanan khas China.

5 dari 6 halaman

7. Sydney

Sydney merupakan kota yang selalu bergairah jika menyangkut perayaan dan pesta. Chinatown di Sydney, the Chinese Garden of Friendship, dan area Darling Harbor akan dipenuhi dengan dekorasi lentera-lentera cantik. Jalanan di sekitar tempat-tempat tersebut akan dipenuhi para pedagang yang menjajakan aneka makanan khas China. Parade barongsai akan memeriahkan perayaan tersebut kemudian diakhiri dengan nyala kembang api di langit Sydney. (Ana Fauziyah)

Artikel Selanjutnya
PM Trudeau: Idul Adha Refleksikan Kontribusi Islam bagi Kanada
Artikel Selanjutnya
Klub-klub Liga Inggris Ucapkan Selamat Idul Adha