Sukses

Begini Cara Atasi Jet Lag Agar Liburan Tidak Terganggu

Liputan6.com, Jakarta Tentu saja Anda tidak ingin liburan yang sudah direncanakan jauh-jauh hari menjadi berantakan karena jet lag kan? Sudah berada di destinasi wisata impian, tapi Anda malah menghabiskan hari dengan tidur di hotel karena jet lag. Jet lag atau pengar udara merupakan kelainan waktu tidur sementara yang biasaya dialami seseorang setelah melakukan perjalanan panjang dengan pesawat melintasi banyak zona waktu. Gejala yang dialami bisa berbeda-beda antara satu orang dengan yang lainnya, namun gejala umum yang biasanya terjadi adalah selalu merasa mengantuk dan kelelahan.

Berikut tips mengatasi jet lag dari Muehlbach dan The National Sleep Foundation seperti diberitakan Travel and Leisure, (Selasa, 24/01/2017).

1. Sesuaikan jadwal tidur sebelum berangkat
Untuk mencegah Anda mengalami jet lag. Sebelum melakukan perjalanan panjang, sesuaikan jadwal tidur Anda dengan zona waktu di mana nantinya Anda mendarat. Usahakan untuk mengubah jadwal tidur Anda seminggu sebelum berangkat. Hal tersebut akan membuat tubuh Anda beradaptasi dengan zona waktu daerah tujuan dan mengurangi gejala jet lag.

2. Rencanakan jadwal terbang dengan baik
Untuk menghindari jet lag, Anda bisa melakukan trik memisah-misah jadwal terbang menjadi beberapa bagian. Misalnya Anda dapat terbang ke satu negara ke negara lainnya dan menginap di sana kemudian melanjutkan perjalanan lagi. Minusnya, hal ini memang kurang praktis dan lebih banyak menghabiskan biaya.

3. Jangan sampai dehidrasi saat di pesawat
Untuk menghindari dehidrasi saat perjalanan, jangan meminum minuman beralkohol dan minuman yang mengandung kafein, karena kafein mengganggu jadwal tidur. Saat di pesawat, minumlah banyak air putih karena sangat membantu melawan efek udara kering di dalam pesawat.

4. Siapkan perlengkapan tidur di pesawat
Tidak semua orang bisa membeli tiket pesawat kelas atas dengan kursi yang bisa dinaik-turunkan. Padahal kenyamanan selama di pesawat termasuk hal yang bisa mempengaruhi gejala jet lag. Namun Anda bisa mempersiapkan perlengkapan yang bisa membantu Anda tidur lebih nyaman seperti penutup mata, bantal leher, guling peluk, dll. Usahakan untuk tidur lelap selama perjalanan di pesawat agar tubuh Anda kembali segar saat turun dan tiba di tempat tujuan.

5. Lakukan olahraga ringan
Agar tubuh tidak terus mengantuk, lakukan gerakan-gerakan ringan seperti berjalan-jalan sebentar sambil meregangkan tubuh. Olahraga ringan yang Anda lakukan dapat mengurangi gejala jet lag. Usahakan agar tubuh terpapar sinar matahari agar mengurangi efek mengantuk. (Ana Fauziyah)