Sukses

Kiat Menjalani Hidup Mandiri

Akan tiba saatnya Anda harus bisa hidup mandiri. Kemandirian bisa diterapkan dan lakukan dengan beberapa hal berikut ini:

Liputan6.com, Jakarta Akan ada satu waktu saat Anda harus bisa hidup mandiri. Kemandirian bisa diterapkan dan dilakukan dengan beberapa hal berikut ini.

1. Mandiri dalam segala sesuatu
Belajar mandiri dalam segala sesuatu. Anda dapat mencuci baju sendiri, menyapu lantai, mengepel lantai, membersihkan rumah, mencuci piring, dan banyak hal yang bisa dilakukan secara mandiri.

2. Berhenti jadi anak manja
Salah satu cara menjadi mandiri adalah berhenti menjadi anak manja. Biasakan untuk menghadapi segala sesuatu sendiri kecuali Anda benar-benar membutuhkan pertolongan orang lain.

3. Hidup adalah perjuangan
Ketahuilah bahwa hidup adalah perjuangan. Dengan demikian, Anda akan memiliki mental yang lebih kuat, tangguh dan tidak gampang menyerah.

4. Do it yourself!
Hampir sama dengan poin pertama, lakukan segala sesuatu secara mandiri agar Anda belajar hidup mandiri.

5. U can do it!

Apapun rintangan yang dihadapi, yakinlah pada kemampuan diri Anda sendiri. Dengan cara ini Anda akan mampu bertahan hidup apapun kendala yang dihadapi hingga Anda menjadi seseorang yang mandiri. 

(Odilia Hana Santoso)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.