Sukses

Trik Jitu Hadapi Si Tukang Kritik

Liputan6.com, Jakarta Hidup di dunia ini tidak menutup kemungkinan untuk bertemu dengan orang-orang yang memiliki karakter unik dan beraneka ragam. Ada pun orang yang suka mengkritik. Jika mereka ada di sekeliling Anda, berikut adalah beberapa tips jitu untuk menghadapi mereka tanpa emosi. 

1. Jangan buru-buru marah
Belajar sabar dan jaga emosi Anda. Ketika emosi terpancing, maka itu hanya akan menambah beban Anda sendiri.

2. Cari mutiara dan buang lumpurnya
Ambillah hal positif yang membangun dari kritik yang dilontarkannya. Jangan ambil sisi buruknya yang mungkin menyakitkan. Ambillah sisi positif dan nilai baik dari kritik orang tersebut.

3. Rendah hati dan terbuka
Bersikaplah terbuka dan rendah hati. Orang yang rendah hati tidak akan mudah marah sekalipun menerima kritik pedas. Dengan pikiran yang terbuka, Anda dapat mengambil sisi positif dari sebuah kritik.

4. Jangan perfeksionis                                                                                                                                                       Jika Anda perfeksionis, mungkin Anda akan menerapkan standar yang tinggi bagi diri sendiri. Alhasil, Anda akan menjadi sangat kecewa jika menerima kritikan dari orang lain. Hal ini tidaklah jelek jika dapat membuat Anda menjadi termotivasi. Tetapi tetaplah untuk bersikap realistis agar tidak mudah kecewa.


5. Melihat diri Anda secara benar
Jika Anda mampu melihat diri dengan perspektif yang positif, maka Anda tidak akan mudah kecewa. Anda akan tahu bagaimana harus bersikap jika mendapat kritikan.

 

(Odilia Hana Santoso)