Sukses

5 Tips Jitu Mengatur Keuangan dengan Baik

Liputan6.com, Jakarta Penting untuk memiliki kecerdasan finansial. Kaya itu buka berapa banyak harta yang dimiliki, tetapi kaya adalah mengelola apa yang dimiliki. Berikut ini adalah 5 tips jitu mengelola keuangan Anda:

1. Bedakan keinginan dan kebutuhan
Utamakan kebutuhan sebelum keinginan. Hal ini akan membantu Anda untuk lebih berhemat. Keinginan boleh saja Anda penuhi setelah kebutuhan sudah terlebih dahulu Anda penuhi.

2. Buat perencanaan
Buatlah perencanaan pengeluaran Anda, seperti berapa rupiah yang akan Anda habiskan untuk transportasi, makan dan minum, keperluan pokok, dan kebutuhan darurat. Dengan demikian, Anda akan menjadi disiplin dalam menggunakan harta Anda.

3. Menabung
Menabung memang tidak mudah. Menabung perlu kedisiplinan. Sisihkan uang Anda untuk ditabung. Jangan menabung dari sisa uang Anda, tetapi menabunglah sejak awal Anda menerima pendapatan.

4. Investasi
Investasikan uang Anda dalam bentuk aset masa depan. Anda dapat membuka usaha, membeli saham, membeli properti, membeli emas, atau membeli kurs asing.

5. Belajar memberi
Meskipun disebutkan terakhir kali, bukan berarti memberi itu tidak penting. Justru, memberi adalah yang terpenting. Tentunya, memberi dengan hikmat dan sesaui dengan kemampuan keuangan Anda. Memberi menandakan bahwa Anda buka orang yang pelit dan membuat Anda tidak melekat pada harta semata. Suatu hari, Anda akan menuai yang berkali lipat ganda dari yang Anda berikan.

(Odilia Hana Santoso)

Artikel Selanjutnya
Alami 6 Hal Ini? Awas, Anda Bakal Sulit Jadi Orang Kaya
Artikel Selanjutnya
6 Cara Mudah Atur Keuangan Bagi Pasangan Menikah