Sukses

Ini Tips Berburu Sunrise di Candi Borobudur yang Harus Anda Tahu

Liputan6.com, Jakarta Candi Borobudur yang berada di Magelang, Jawa Tengah, memang selalu jadi destinasi favorit untuk liburan keluarga. Tak hanya wisatawan dalam negeri, turis mancanegara pun mengenal candi Budha terbesar di Indonesia ini karena keindahannya.

Tak hanya dikenal dengan wisata sejarahnya, kini Candi Borobudur pun ramai dikunjungi oleh para pemburu sunrise atau matahari terbit. Mereka rela datang sejak dini hari menahan kantuk, hanya untuk menikmati momen terbitnya matahari dari balik stupa. Detik-detik sunrise ini biasanya diabadikan oleh para pemburu foto lewat lensa kamera
mereka.

Jika Anda berminat untuk mengabadikan momen sunrise di Candi Borobudur, tak ada salahnya jika mengikuti tips berikut yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (27/01/2017).

1. Ikut Trip dari Hotel Manohara

Jika ingin cara yang mudah untuk dapat menikmati sunrise di Candi Borobudur, Anda bisa ikut paket wisata yang disediakan oleh Hotel Manohara. Hotel ini lokasinya masih berada di komplek Candi Borobudur.

Keuntungan yang bisa didapat dengan mengikuti paket trip ini adalah Anda bisa masuk ke kawasan candi lebih pagi, sekitar pukul 04.00 - 04.30 WIB. Selain itu, akan ada pemandu yang menemani Anda serta memberikan info spot-spot terbaik untuk menikmati sunrise yang mempesona.

Namun, Anda memang harus mengeluarkan biaya untuk bisa mendapatkan layanan ini. Harga paket berburu sunrise dari Hotel Manohara adalah Rp 220ribu untuk wisatawan lokal dan Rp 320ribu untuk turis mancanegara.

2. Menaiki Bukit Punthuk Setumbu

Walau tak ikut trip di Hotel Manohara, Anda tetap bisa menikmati pemandangan sunrise di Candi Borobudur. Datang saja ke Bukit Punthuk Setumbu atau yang lebih dikenal dengan Borobudur Nirwana Sunrise. Bukit setinggi 400 meter dari atas permukaan laut ini jaraknya cukup dekat dengan candi, yaitu 5km.

Pemandangan sunrise dari balik stupa Candi Borobudur dapat terlihat jelas di atas puncak Bukit Punthuk Setumbu. Tak hanya candi yang terlihat dari atas bukit ini. Panorama Gunung Merapi dan Merbabu pun bisa Anda jumpai. Saat seperti ini, pastikan baterai kamera terisi penuh untuk membidik keindahan sunrise Borobudur.  

3. Pergi di Waktu yang Tepat

Pastikan untuk memilih waktu yang tepat jika ingin menikmati sunrise Candi Borobudur. Waktu terbaik adalah saat musim kering di bulan April sampai dengan Oktober. Sebab, di musim tersebut pemandangan langit sedang cerah-cerahnya sehingga momen matahari terbit dapat terlihat jelas oleh Anda. Selain musim, pastikan untuk tiba di area candi pada pukul 04.30 s.d 05.15 WIB agar Anda tak kelewatan untuk menyaksikan detik-detik terbitnya matahari dari balik stupa Borobudur.

Ke manapun tujuan liburan Anda. Jangan lupa untuk selalu cek Reservasi.com. Dapatkan informasi promo tiket pesawat dan hotel setiap harinya di sini.

 

Artikel Selanjutnya
5 Tempat Wisata Keren di Indonesia untuk Libur Panjang
Artikel Selanjutnya
Waisak Jadi Momen Tepat Tuk Lihat Pelepasan Lampion di Borobudur