Sukses

5 Tips Atasi Konflik dalam Keluarga

Sebagai komunitas terdekat, konflik dalam keluarga terkadang tidak terhindarkan. Berikut adalah beberapa tips atasi konflik dalam keluarga.

Liputan6.com, Jakarta Keluarga merupakan komunitas terkecil bagi seseorang dan agen sosialisasi pertama bagi seorang anak. Untuk itu, keluarga merupakan sebuah elemen yang penting dalam kehidupan. Karena pentingnya keluarga, maka sebisa mungkin konflik harus dihindari. Berikut adalah beberapa tips mengatasi konflik dalam keluarga.

1. Siapkan diri Anda
Sebagai keluarga, pastinya Anda sudah mengenal satu sama lain. Bisa dikatakan Anda sudah mengetahui karakter masing-masing anggota keluarga. Maka dari itu, siapkan diri bila suatu saat saudara, anak, pasangan atau orangtua Anda sedang emosi, sensitif atau kelelahan dalam waktu-waktu tertentu.

2. Pahami sumbernya
Jika Anda mengetahui sumber konflik dalam keluarga, maka Anda juga akan dapat menemukan solusi untuk berdamai.

ilustrasi keluarga. (via thisismoney.co.uk)

3. Jangan salahkan orang tua
Jika konflik ini berlangsung antar saudara, jangan salahkan orang tua. Bersikaplah dewasa agar pertengkaran bisa berkurang drastis.

4. Komunikasi
Komunikasi merupakan hal yang sangat penting dalam mengatasi konflik. Komunikasikan satu sama lain permasalahan yang terjadi dan carilah jalan keluarnya bersama-sama.

5. Jangan ulangi
Setiap konflik keluarga selesai, belajarlah dari sana. Jangan ulangi kesalahan yang sama.

(Odilia Hana Santoso)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini