Sukses

Begini Mengatasi Tekanan dan Tuntuan dalam Kehidupan Sosial

Terkadang sulit menghadapi beragam tekanan dan tuntutan dalam kehidupan sosial. Bagaimana cara mengatasinya?

Liputan6.com, Jakarta Berkata tidak memang terkadang sulit. Apalagi, menghadapi tuntutan dan tekanan dalam kehidupan sosial. Perasaan segan dan tidak enak hati membuat Anda sulit berkata tidak. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi tekanan pergaulan yang kurang positif bagi Anda.

1. Berani katakan tidak
Katakan dengan jujur bahwa Anda memang tidak menginginkan hal tersebut. Kawan Anda lama kelamaan akan mengerti dan berhenti mengajak Anda.

2. Ganti topik pembicaraan
Anda dapat mengganti topik pembicaraan Anda dengan kawan Anda, jika ia mulai mengarah kepada sesuatu yang tidak Anda inginkan atau menjadi tekanan bagi Anda.

3. Beri alasan dengan humor
Anda dapat mencairkan suasana dengan memberi alasan beserta lelucon atau humor yang ringan. Pastikan kawan Anda tidak merasa tersinggung.

4. Belajar menghindar
Sesekali, Anda perlu menarik diri dari pergaulan yang kurang positif bagi Ada. Anda dapat menghindar sementara waktu dari tekanan kehidupan sosial sekitar Anda.

5. Jangan percaya dengan iming-iming sesuatu yang terlihat keren
Sesuatu yang terlihat keren kerap ditawarkan dalam kehidupan sosial masa kini. Berhati-hati untuk memilih dan mengikuti tren gaya hidup yang ada di sekitar Anda. Jangan asal ikut-ikutan dengan lingkungan sekitar Anda.

6. Bergaul dengan orang-orang positif
Bila kegiatan sehari-hari Anda dikelilingi dengan orang-orang yang positif, maka energi yang masuk ke dalam hidup Anda juga positif. Anda pun juga akan lebih mudah terhindar dari segala pengaruh negatif.

(Odilia Hana Santoso)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini