Sukses

Ternyata ini Alasan Anda Makan dan Merasa Lapar Berlebihan

Banyak penyebab yang membuat Anda makan dan merasa lapar berlebihan setiap hari. Simak ulasannya berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Makan berlebihan merupakan kebiasaan yang sering dilakukan banyak orang. Biasanya, kebayakan dari kita akan menyesal karena kalap dalam memilih makanan. Dilansir dari laman magforwomen.com, Rabu (1/2/2017), ternyata berikut ini adalah beberapa alasan Anda makan berlebihan dan merasa lapar tanpa sebab setiap hari:

1. Anda melewatkan sarapan
Sarapan pagi sangat berfungsi dan bermanfaat bagi tubuh Anda sepanjang hari. Sarapan menjadi sumber energi yang akan menjadi tenaga bagi Anda untuk menjalankan aktivitas sepanjang hari. Melewatkan sarapan sama saja membuat Anda selalu ingin makan sepanjang hai sebagai pengganti asupan energi yang kurang di pagi hari.

2. Anda menggunakan piring atau mangkuk yang besar
Peralatan makan berkapasitas besar dapat menjadi penyebab Anda selalu makan dalam porsi yang besar dan banyak.

3. Anda makan sambil menonton TV
Makan sambil menonton televisi membuat Anda tidak menyadari bahwa sudah banyak makanan yang Anda konsumsi sepanjang acara televisi tersebut berlangsung.

4. Anda makan untuk menyenangkan rekan Anda
Hal ini merupakan yang paling sering terjadi. Anda diundang rekan Anda untuk makan siang atau makan malam bersama, dan Anda segan untuk menolak. Padahal Anda mungkin sudah makan sebelumnya. Lalu, rekan Anda memesan terlalu banyak makanan, sehingga Anda harus menghabiskannya untuk menyenangkan hatinya.

5. Anda memiliki terlalu banyak pilihan makanan
Anda bingung terhadap menu makanan apa yang harus Anda pilih hari itu. Akhirnya, Anda memesan semua menu yang sedang Anda inginkan dengan harapan dapat menikmati semua rasa makanan tersebut.

6. Anda kelaparan setelah berolahraga
Setelah berolahraga, Anda biasanya akan merasa lapar sehingga Anda kalap untuk memakan banyak makanan dalam porsi yang besar untuk memuaskan rasa lapar Anda.

7. Meniadakan makanan ringan
Menu makanan ringan diperlukan sesekali tanpa berlebihan. Jika Anda sama sekali tidak memiliki menu makanan ringan, Anda akan merasa sangat lapar ketika jam makan tiba. Akibatnya Anda akan makan dalam porsi yang besar dan banyak.

8. Anda depresi atau stres
Perasaan stres atau depresi dapat memicu Anda untuk mencari pelarian. Banyak orang menjadikan aktivitas makan sebagi pelarian dari stres atau depresi mereka. Porsi makanan seseorang ketika sedang stres juga dapat menjadi berkali-kali lipat ganda.

 Odilia Hana Santoso)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini