Sukses

Ini Cara Hidup Bebas dari Rasa Khawatir

Liputan6.com, Jakarta Sebagai manusia, Anda mungkin pernah mengetahui bahkan sering merasa khawatir. Adanya tekanan dan tantangan tak jarang membuat Anda merasa takut akan apa yang terjadi kelak. Perasaan tidak aman seperti ini yang disebut dengan khawatir atau cemas. Untuk hidup bebas dari rasa khawatir, berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan seperti dilansir dari laman magforwomen.com, Selasa (7/2/2017).

1. Jangan khawatir akan masa lalu karena Anda tidak dapat mengubahnya

Apapun yang pernah terjadi di masa lalu, tentu Anda tidak dapat lagi mengubahnya. Faktanya, kita tidak akan dapat kembali ke masa lalu. Tinggalkan masa lalu dan segera melihat ke masa depan. Hidup harus terus berjalan apapun yang terjadi.

2. Jangan khawatir akan hari depan, itu bukan di tangan Anda

Masa depan Anda adalah rencana Sang Pencipta. Jangan terlalu memusingkan hari esok. Setiap hari dalam kehidupan ini memiliki porsinya masing-masing. Hiudplah hari ini dan nikmati hari ini.

3. Singkirkan kekhawatiran Anda

Jangan menunda-nunda untuk segera menyingkirikan sikap khawatir. Rasa khawatir akan merusak ketenangan hati Anda hari ini. Segera ganti rasa khawatir Anda dengan pikiran yang positif. Dengan demikian, Anda akan merasa lebih tenang.

4. Singkirkan pikiran pengandaian

Usahakan untuk berhenti berandai-andai. Hal yang serba seandainya belum tentu akan terjadi dalam hidup Anda. Jangan sampai hal tersebut merusak damai sejahtera Anda di hari ini.

5. Menetapkan waktu ‘khawatir’
Ada waktunya untuk khawatir, ada waktunya untuk bebas dari rasa khawatir. Khawatir boleh saja terlintas dalam pikiran Anda sebagai peringatan agar Anda lebih berhati-hati, tetapi jangan biarkan rasa khawatir terseut menguasai Anda. Jika fase ‘khawatir’ sudah lewat, segeralah bangkit dan berpikiran positif!

(Odilia Hana Santoso)