Sukses

Manipulasi Pertumbuhan Rumput, Seniman Ini Buat Lukisan Raksasa

Liputan6.com, Jakarta Menggunakan kuas dan cat untuk membuat sebuah lukisan tentu sudah biasa. Tapi bagaimana bila rumput dijadikan sebuah lukisan yang besar dengan detail yang indah? Sekelompok seniman bekerja keras untuk mengendalikan pertumbuhan rumput sehingga menjadi lukisan, seperti yang dirilis oleh odditycentral.com, Kamis (26/1/2017).

Heather Ackyord dan Dan Harvey, dua seniman Inggris buat lukisan dengan modifikasi pertumbuhan rumput (foto : Ackyord and Harvey)

Seniman Inggris Heather Ackyord dan Dan Harvey, menemukan bahwa rumput bisa menjadi media yang dimanfaatkan untuk perkembangan seni mereka. Dengan menggunakan sebuah kanvas yang sudah dilapisi dengan bibit rumput, para seniman ini memanipulasi cahaya untuk mengatur pertumbuhan rumput. Didalam studio yang gelap, kanvas rumput diberi cahaya dari proyektor yang sudah dilapisi oleh film negatif yang sudah ada fotonya.

Proses fotosintetis akhirnya berlangsung, rumput akan tumbuh sesuai dengan terpaan cahaya dari proyektor. Tebal tipis rumput tergantung dengan film yang sudah diletakan di sumber cahaya. Ternyata, pembuatan lukisan ini juga didukung dengan rumput yang telah dipilih secara cermat oleh Akyord dan Harvey.

Heather Ackyord dan Dan Harvey, dua seniman Inggris buat lukisan dengan modifikasi pertumbuhan rumput (foto : Ackyord and Harvey)

Mereka menggunakan rumput yang sangat sensitif dengan cahaya untuk mendapatkan detail yang sempurna pada kanvas. Rumput akan tumbuh lebih hijau pada cahaya paling kuat, dan akan berwarna kuning ketika sedikit cahaya. Sama dengan sistem foto hitam putih, hanya saja lukisan ini menjadi warna hijau dan kuning.

Lukisan ini akan bertahan lama jika diletakkan di tempat yang gelap dan dijaga nutrisi airnya. Namun tetap saja, kanvas rumput perlahan akan mengering dan warnanya tidak akan setajam sebelumnya. Sama seperti foto zaman dahulu yang pernah populer.

Saksikan Live Streaming Jakarta Fashion Week 2018

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
7 Patung Paling Nyeleneh yang Pernah Diciptakan Seniman Dunia
Artikel Selanjutnya
Tak Ada Motor Menyerobot, Trotoar di Kota Ini Jadi Media Lukis