Sukses

6 Kegiatan yang Dapat Bebaskan Anak dari Kebosanan Tanpa Gawai

Jika anak Anda sudah ketagihan bermain gawai, akan sulit bagi orangtua untuk "mengembalikan" mereka. Berikut kegiatan yang dapat dilakukan.

Liputan6.com, Jakarta Mungkin Anda telah sering mendengar bahwa penggunaan gawai pada anak perlu dibatasi. Bahkan seorang Steve Jobs pun membatasi anaknya berkenalan dengan teknologi dan penggunaan gawai.

Namun, banyak orangtua yang membiarkan anaknya bermain gawai hanya untuk mengalihkan perhatian mereka. Padahal sebenarnya itu merupakan cara yang salah.

Jika anak sudah ketagihan bermain gawai, akan sulit bagi orangtua untuk "mengembalikan" mereka. Namun, agar adiksi tidak bertambah parah, orangtua pun perlu melakukan kegiatan menyenangkan bersama anak.

Kegiatan ini juga dapat mengalihkan perhatiannya dari keinginan bermain gawai. Dilansir dari Metro, Kamis (26/1/2017), berikut kegiatan itu.

1. Berdansa
Kegiatan ini sangat menyenangkan bila dilakukan bersama. Bonusnya, Anda juga dapat membakar kalori. Pasang musik bernada up-beat dan mulai untuk menggerakan tubuh Anda dan ajak anak untuk mengikuti.

2. Berenang
Tak dipungkiri, anak-anak suka bermain air. Maka jangan ragu untuk mengajaknya berenang. Atau paling tidak, Anda dapat melakukannya di kamar mandi.

3. Membangun tenda
Kegiatan berkemah sangat disukai anak-anak. Bahkan jika Anda hanya berpura-pura melakukannya di rumah. Dengan selimut atau kain, serta kursi, Anda dapat membuat tenda dan berpura-pura berkemah.

4. Membaca
Membaca buku cerita akan sangat disukainya. Apalagi jika Anda membawakannya dengan ekspresif. Anda juga dapat mengenalkannya huruf dan cara membaca. Atau jika ia sudah bisa membaca, Anda bisa melatihnya membaca tanpa mengeluarkan suara.

5. Bermain permainan
Permainan di gawai memang menyenangkan, tetapi permainan fisik seperti board game, puzzle, dan tebak-tebakan akan lebih baik. Ini akan membuat mereka sibuk untuk beberapa jam.

6. Memasak
Anak-anak sangat suka membuat sesuatu. Mengeksplorasi makanan dengan mengajaknya memasak akan sangat disukai oleh mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini