Sukses

Kerap Lembur Lebih dari 12 Jam? Jaga Tubuh dengan Cara Berikut

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang terjebak pada rutinitas kerja hingga melupakan dirinya. Tenaga, waktu, pikiran semua dicurahkan untuk mendedikasikan diri pada pekerjaan dan kerap lembur, namun tidak sadar dampaknya akan sangat buruk bagi kehidupannya di masa depan.

Sesibuk apapun. Anda harus tetap meluangkan waktu untuk tetap melakukan aktifitas fisik yang cukup, agar kesehatan tetap terjaga.

Bahkan jika Anda kerap bekerja lembur selama lebih dari 12 jam sehari, membuat perubahan kecil dalam kegiataan sehari-hari dapat membantu meningkatkan kesejahteraan, baik secara fisik dan mental.

Anda tidak harus membuat perubahan gaya hidup total dalam satu atau dua hari, sebuah perubahan kecil setiap hari dapat membantu Anda membuat perubahan besar.

Berikut 7 tips yang dapat membantu Anda tetap sehat serta memiliki karier yang sukses, seperti dikutip dari Zeenews, Rabu (25/1/2017):

1. Banyak jalan

Anda harus rutin berjalan dalam rutinitas sehari-hari. Berjalan saat Anda menerima telepon, berjalan menuju parkirkan mobil Anda, memilih naik tangga ketimbang lift, dan kegitan lainnya. Jadi, tak ada alasan lagi Anda tidak bergerak sepanjang hari.

2. Paparan sinar matahari

Pergi berjemur di bawah sinar matahari pagi merupakan hal yang sangat baik. Biarkan sinar matahari pagi memberikan asupan vitamin D secara alami yang baik bagi tubuh.

3. Makan buah

Satu apel sehari dapat menghindarkan tubuh dari penyakit. Saatnya untuk hidup sehat. Buah apel memiliki vitamin dan nutrisi yang cukup lengkap.

Kombinasikan apel hijau dan apel merah setiap hari. Apel juga dapat mengenyangkan perut sebagai snack di sore hari.

4. Berhenti merokok

Efek berbahaya dari merokok dan zat karsinogen yang ada pada tubuh harus kita perhatikan. Terutama untuk Anda yang kerap bekerja hingga larut malam. Usahakan Anda segera menghentikan kebiasaan merokok sebelum Anda menyesal.

5. Minum Air

Minum air minimal 8 gelas dalam sehari. Air merupakan asupan wajib bagi kesehatan dan kelancaran metabolisme tubuh. Tanpa air tubuh akan dehidrasi dan organ di dalamnya tidak dapat bekerja dengan maksimal.

6. Kegiatan yang menyenangkan

Lakukan setidaknya satu kegiatan yang biasanya dilakukan anak-anak setiap hari. Seperti melompat-lompat, membuat perahu, hingga bernyanyi di kamar mandi.

Lakukan sesuatu yang orang dewasa tidak akan pernah melakukan untuk mengatasi stres dengan cara cerdas.

7. Tidur nyenyak

Tidur nyenyak dan berkualitas adalah kunci dalam menjaga kesehatan Anda. Cobalah setidanya tidur selama 8 jam setiap hari. Tubuh dan pikiran yang beristirahat dengan cukup dapat lebih produktif, dan menghindarkan diri dari pekerjaan yang menumpuk hingga lembur.

Tera Tri Yusepi