Sukses

Asinan Rambutan, Kuliner Kekinian dari Banjarmasin

Liputan6.com, Jakarta Asinan tak hanya jadi andalan Kota Hujan, Bogor lho. Menu satu ini pun ternyata jadi sajian istimewa di daerah Kalimantan, khususnya Banjarmasin. Jika biasanya asinan bogor menggunakan berbagai jenis buah-buahan, asinan banjarmasin ini hanya memakai buah rambutan sebagai bahan dasarnya.

Asinan khas Kota Banjarmasin ini seringkali disebut dengan nama rambutan kekinian. Kuliner kekinian ini cukup viral dibicarakan oleh netizen di media sosial khususnya Instagram. Pasalnya, menu satu ini memiliki perpaduan rasa yang sangat unik dan dijamin segar.

Dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (26/01/2017) belum diketahui siapa pelopor atau pencipta kuliner rambutan kekinian ini. Namun, Kota Banjarmasin diyakini sebagai tempat diciptakannya kuliner segar berbahan dasar buah menyegarkan tersebut.

Selain bahannya yang mudah dicari, rambutan kekinian pun gampang dibuat (IG @ninaa_fd)

Asinan kekinian ini dibuat dari daging rambutan dicampur dengan potongan cabai, jeruk nipis, gula, garam, dan air dingin. Rasa manis, pedas, dan asam berpadu menjadi satu. Anda pasti akan ketagihan saat mencicipi asinan rambutan ini.

Selain bisa dimakan langsung, rambutan kekinian dapat pula disantap sebagai pelengkap menu olahan berbahan dasar seafood. Rasa segar yang dihasilkan dari rambutan kekinian ini diyakini bisa menetralisir bau amis dari makanan laut tersebut.

Tak perlu jauh-jauh ke Banjarmasin untuk bisa menikmati rambutan kekinian. Anda bisa kok membuatnya sendiri di rumah. Selain bahannya mudah dicari, cara pengolahannya pun cukup gampang.

Berencana untuk datang ke Banjarmasin dan menikmati kuliner kekiniannya? Jangan lupa cek Reservasi.com untuk dapatkan informasi harga tiket pesawat murah. Akan ada diskon hingga Rp 1juta menanti Anda setiap harinya, lho.

 

Artikel Selanjutnya
15 Makanan Khas Cirebon Ini Bertahan dari Gempuran Junk Food
Artikel Selanjutnya
Menggoyang Lidah, Nikmatnya Soto Klethuk Khas Blora Patut Dicoba