Sukses

3 Kebiasan Buruk Penyebab Ketombe

Tuntaskan ketombe yang muncul dengan menghindari tiga kebiasaan buruk berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Ketombe merupakan permasalahan yang hampir dialami oleh setiap orang. Jika rambut tipis bisa disebabkan oleh faktor genetis, namun berbeda dengan ketombe. kemunculannya bukanlah suatu masalah yang disebabkan sejak lahir. Namun munculnya ketombe sering diakibatkan oleh kebiasaan perawatan rambut yang salah sehingga menjadi suatu problematika yang sangat mengganggu penampilan. 
Dilansir dari gq.com, Rabu (25/01/2017) ada tiga kebiasaan buruk pemicu timbulnya ketombe yang harus Anda hindari. Apa saja?

1. Menggunakan sampo secara berlebihan
Faktanya, penggunaan sampo tidak dianjurkan setiap hari. Sampo memiliki fungsi yang mampu menghilangkan minyak dan residu pada kulit kepala Anda. Meskipun demikian, penggunaan harian justru akan membuat kulit kepala kering dan menjadikan minyak alami pada kulit kepala tidak bekerja sesuai fungsinya. Jadi, biasakanlah untuk mencuci rambut dengan sampo minimal 2 hari sekali untuk menjaga keseimbangan kulit kepala Anda.

2. Tidak menggunakan conditioner
Perawatan  rambut ideal adalah dengan mengaplikasikan conditioner setelah sampo. Namun, banyak orang yang melewatkan ritual ini dengan alasan rambut akan menjadi berminyak dan semakin lepek. Padahal, penggunaan conditioner sesuai anjuran justru akan membuat rambut dan kulit kepala ternutrisi. Memang ketombe dapat disebabkan oleh stres, namun seringkali fakor utama yang menyebabkan munculnya ketombe ialah kondisi rambut dan kulit kepala yang kering dan kurang mendapatkan asupan nutrisi.

3. Mengabaikan gejala yang timbul
Jika ketombe terus menerus muncul dan tidak teratasi dengan penggunaan sampo atau produk perawatan kulit kepala, berarti ketombe Anda dapat disebabkan oleh faktor lain. Jamur, dermatitis siborik, atau penyakit kulit lainnya mampu menimbulkan ketombe yang sulit untuk dihilangkan dengan produk perawatan biasa. Jika Anda mengalami masalah ini, cobalah untuk mengunjungi dan berkonsultasi dengan dokter kulit agar segera mendapatkan solusi dari permasalahan Anda.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini