Sukses

Selain Relaksasi, Ini Manfaat Panahan yang Jadi Hobi Baru Jokowi

Presiden Jokowi ternyata menggemari panahan, olahraga yang menyatukan fisik dan konsentrasi pikiran dalam satu sasaran. Apa manfaatnya?

Liputan6.com, Jakarta Presiden Jokowi ternyata sedang menggemari panahan, olahraga yang menyatukan fisik dan konsentrasi pikiran dalam satu sasaran. Jokowi tampak menghadiri Kejuaraan Panahan Bogor Terbuka 2017 (Bogor Open Archeri Championship) sebagai peserta pertandingan Ronde Nasional 20 meter Umum pada Minggu, (22/1/2017). Ternyata panahan memiliki 6 manfaat, seperti yang dirilis dari archery360.com.

Fokus
Para pemanah belajar untuk mengabaikan semua gangguan yang ada disekitarnya dan fokus pada tubuh. Akhirnya fokus ini akan menjadi dasar yang baik untuk melepaskan anak panah menuju tujuannya. Hal ini juga berpengaruh dalam kehidupan, karena konsentrasi saat panahan juga membantu Anda fokus dalam bidang apapun. Berkompetisi juga menjadi hal yang bagus untuk mempertahankan diri dari berbagai tekanan tinggi dari semua lawan.

Kekuatan
Panahan melatih kekuatan pada lengan, tubuh, tangan, dada, dan bahu sehingga mendapatkan tubuh yang sehat. Selain itu, melatih diri untuk mampu melakukan olah raga panahan juga dapat meningkatkan kemampuan serta daya tahan tubuh dalam segala kondisi. Tentu hal ini juga dirasakan Jokowi saat melakukan olahraga ini.

Koordinasi
Banyak hal yang membantu seorang pemanah mendapatkan hasil yang baik, mulai dari meletakkan kaki, menarik busur, hingga menggenggam anak panah. Semua hal ini terjadi dalam hitungan detik hingga anak panah melesat jauh ke papan sasaran. Hal ini akan membantu Anda lebih konsisten dan merencanakan berbagai hal untuk mendapatkan hasil sempurna.

Latihan
Mengikuti panahan akan membuat Anda rutin untuk latihan mulai dari melatih otot bagian atas hingga kuda-kuda di kaki. Keseluruhan olahraga ini akan membuat tubuh Anda terlatih dan membakar 140 kalori selama setengah jam, yang membuat tubuh lebuh sehat.

Percaya diri
Pada panahan, Anda dapat melawan orang lain maupun melawan diri sendiri. Tapi olahraga bukan hanya sekedar menang, namun juga melatih Anda membangun kepercayaan diri sehingga dapat maju di rintangan apapun. Hal ini juga dibutuhkan Jokowi saat nantinya melawan pemanah lainnya saat perlombaan berlangsung.

Relaksasi
Salah satu hal yang dapat dirasakan ketika panahan adalah relaksasi. Melepaskan anak panah, melihatnya terbang, dan mendengar suara tancapan saat mendarat di papan dapat meredakan stress. Karena berbagai pelajaran yang didapatkan mulai melatih tubuh hingga membangun percaya diri, dapat melepaskan berbagai hormon yang dapat meningkatkan kebahagiaan dan melepaskan stres Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini