Sukses

Ini yang Terjadi Jika Anda Menggunakan Kosmetik Kedaluwarsa

Saatnya Anda mengetahui masa kedaluwarsa kosmetik yang sering digunakan setiap hari untuk mencegah iritasi kulit.

Liputan6.com, Jakarta Memakai makeup mungkin menjadi suatu hal yang penting bagi setiap orang untuk menunjang penampilan mereka sehari-hari. Beragam produk kosmetik rela dibeli dan terus dipakai setiap hari agar penampilan menjadi tetap cantik.

Namun, tahukah Anda kalau produk kosmetik yang sering Anda pakai ternyata memiliki masa kedaluwarsanya. Jadi, sebelum memakainya sebaiknya ketahui terlebih dahulu apakah produk kosmetik tersebut telah melewati masa kedaluwarsa atau tidak. Karena, jika tidak ada beberapa hal yang akan terjadi jika Anda menggunakan kosmetik yang sudah kedaluwarsa.

Seperti yang ditulis dalam situs byrdie.com, Selasa (24/1/2017) berikut inilah hal-hal yang akan Anda alami jika menggunakan produk kosmetik yang sudah kedaluwarsa.

Foundation
Foundation memiliki tekstur yang cair, sehingga cukup mudah mengetahui kalau foundation yang Anda pakai kedaluwarsa. Anda bisa mencobanya pada punggung tangan Anda dan jika teksturnya sangat kering itu artinya foundation sudah tidak bisa dipakai lagi. Bila Anda tetap menggunakan foundation yang kadaluarsa hal ini akan menimbulkan penyumbatan pada pori-pori wajah dan menimbulkan peradangan seperti jerawat.

Maskara
Kosmetik yang satu ini bisa bertahan dan digunakan selama dua tahun. Namun, sebaiknya Anda mengganti maskara setiap tiga bulan sekali. Karena maskara yang kedaluwarsa akan mengering dan menggumpal. Selain itu, maskara yang kedaluwarsa akan membuat bulu mata rontok.

Blush On
Jenis blush on bubuk sebenarnya dapat digunakan dalam jangka waktu tiga sampai empat tahun, namun selama kondisi wadah blush on tetap dalam keadaan kering. Karena jika lembap bakteri akan dengan mudah berkembang biak. Untuk menjaganya tetap kering, selalu bersihkan kuas blush on Anda sehabis dipakai. Kemudian, coba gunakan pisau untuk membersihkan bagian atas blush on. Blush on bubuk yang kedaluwarsamemiliki ciri sangat kering, padat dan mudah pecah.

Lipstik
Kulit bibir merupakan bagian kulit yang paling tipis serta rentan terhadap bakteri. Lipstik dipenuhi dengan kandungan bahan-bahan alami yang menghidrasi bibir. Jadi, akan cepat mengering bila terkena udara. Bila lipstik terkena bakteri maka akan lebih mudah mencemari seluruh bagian lipstik. Lipstik memiliki masa kedaluwarsa selama satu tahun sebelum Anda memutuskan untuk membeli yang baru.

Eyeliner
Jika Anda mengalami iritasi pada mata seperti bengkak, memerah atau infeksi itu adalah tanda-tanda eyeliner yang dipakai kedaluwarsa. Untuk mengetahuinya cukup mudah, bila eyeliner sudah mulai kering dan berubah warna itu artinya eyeliner sudah tidak efektif untuk dipakai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini