Sukses

4 Trik Atasi Kecemasan Berlebih

Jika Anda sering merasa cemas berlebihan, beberapa trik di bawah ini mungkin dapat membantu Anda.

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda yang sering merasa cemas berlebihan, pikiran-pikiran tersebut seperti terjebak hanya berputar di kepala dan tidak pernah berakhir. Dalam banyak hal, kecemasan hanya melahirkan lebih banyak kecemasan dan tidak perlu dijelaskan lebih lanjut bahwa siklus ini hanya akan membuat Anda merasa stres.

Dilansir dari mydomaine.com, Selasa (24/1/2017), Anda bisa mengatasi kecemasan ini dengan mempertanyakan kepada diri sendiri 4 hal ini, apa saja?

1. Apa yang nyata saat ini?
Sembilan dari sepuluh kasus, Anda akan menemukan diri sendiri khawatir tentang suatu hal yang belum terjadi.
Tidak perlu stres tentang sesuatu yang belum terjadi, hadapilah apa yang nyata sekarang dan rasa cemas Anda akan berkurang 10 kali lipat.

2. Apakah kecemasan Anda adalah masalah atau fakta?
Perbedaan utama dari kedua hal di atas adalah bahwa masalah pasti memiliki solusi, sedangkan fakta tidak. Tidak ada gunanya mengkhawatirkan atau bergulat dengan fakta, karena itu tidak akan berubah. Melihat perbedaan antara keduanya adalah batu loncatan untuk mengurangi kekhawatiran.

3. Apa ini adalah urusan saya?
Jika jawabannya adalah "tidak" maka kecemasan tersebut tidak layak mengontrol pikiran dan tindakan Anda. Daripada membuat kecemasan orang lain menjadi milik diri sendiri, sebaiknya fokus pada apa yang bisa Anda kontrol, yaitu diri sendiri.

4. Bagaimana saya ingin merasa saat ini?
Ingatlah bahwa Anda memiliki kekuatan untuk memilih bagaimana perasaan yang Anda inginkan. Pada saat merasa cemas, pilihlah untuk merasa kuat dan terkendali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.