Sukses

5 Kesalahan Memasak Pasta

Memasak pasta memang mudah, tapi ada beberapa kesalahan yang sering terjadi sehingga pasta Anda tidak matang dengan sempurna.

Liputan6.com, Jakarta Pasta merupakan hidangan favorit bagi setiap orang. Selain mudah diolah, pasta juga dapat dikreasikan menjadi beragam menu yang selalu menggugah selera.

Akan tetapi seringkali kita membuat kesalahan dalam membuat pasta sehingga hasilnya pun tidak sesuai seperti yang diinginkan. Alih-alih ingin menghasilkan pasta "al dente" malah terkadang pasta menjadi terlalu matang sehingga tak nikmat untuk dikonsumsi.

berikut lima kesalahan yang sering terjadi saat membuat pasta, dilansir dari mashed.com, Senin (23/01/2017).

1. Wadah yang terlalu kecil

Ini merupakan kesalahan yang sering terjadi saat memasak pasta. Saat Anda menggunakan wadah yang kecil, maka pasta akan menempel satu dengan yang lain sehingga tingkat kematangannya pun menjadi tidak merata. Ada bagian yang matang dengan sempurna dan bagian lainnya terlalu matang bahkan tidak matang dengan sempurna. Jadi sebanyak apapun atau sedikit apapun Anda memasak pasta, pastikan untuk menggunakan wadah yang besar.

2. Tidak mengikuti petunjuk memasak yang tertera pada kemasan

Setiap Anda membeli pasta, tentu ada petunjuk yang tertera pada kemasannya. Hal ini berguna untuk Anda agar dapat mempermudah proses masak sekaligus menghasilkan hasil akhir sesuai yang diinginkan. Jadi, jika Anda merupakan seorang pemula, maka ada baiknya untuk mengikuti arahan yang tertulis.

3. Lupa mengaduk pasta

Saat memasak pasta, pastikan Anda untuk selalu memantau prosesnya. Jangan diamkan pasta hingga menjadi matang. Aduklah pasta sesekali agar tingkat kematangannya merata dan tidak akan ada pasta yang menempel satu dan lainnya.

4. Melempar pasta ke tembok untuk mengetahui kematangannya

Pernahkah Anda melihat trik melempar pasta ke tembok untuk mengetahui apa pasta ini sudah matang atau belum? teryata trik ini hanyalah mitos belaka yang akan menjadikan tembok Anda kotor. Untuk mengetahui pasta sudah matang atau belum adalah dengan mencicipinya langsung.

5. Membilas pasta yang telah matang dengan air

Banyak yang percaya bahwa dengan membilas pasta yang telah direbus dengan air, maka akan menjadikan pasta matang dengan sempurna. Nyatanya hal ini tidak benar, tak perlu melakukan langkah tambahan yang akan memperpanjang proses memasak pasta Anda. Setelah merebus pasta, cukup tiriskan untuk membuang air rebusan pasta tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini