Sukses

Ternyata Foto dengan Jari Peace Bisa Membahayakan Diri Anda

Tanpa disadari, pose dua jari mampu membahayakan di Anda.

Liputan6.com, Jakarta Pose apa sih yang sering Anda gunakan saat berfoto? lambang damai ikonis atau yang dikenal dengan "peace sign" nampaknya sudah menjadi gaya andalan saat berfoto. Pose ini sering dilakukan dengan tujuan agar foto tidak terlihat kaku dan terkesan lebih alami. Tapi ternyata, di balik pose tersebut terdapat bahaya yang mengancam diri Anda.

Seperti yang dilansir dari teenvogue.com, Jumat (20/01/17) Para peneliti di National Institute of Informatics (NII) Jepang, telah melakukan penelitian dengan hasil yang cukup mengejutkan. Saat Anda menunjukkan lambang "peace" dengan jarak antara Anda dan kamera hanya sejauh 9 kaki, maka fokus kamera pun akan berada pada jari Anda.

Hal ini tentu akan memudahkan bagi para pelaku kejahatan untuk mendapatkan sidik jari Anda yang tertangkap pada foto tersebut. Mengingat bahwa kini teknologi banyak yang mengandalkan sidik jari untuk mengaksesnya. Maka jenis kejahatan ini tentu mampu merugikan Anda.

Walaupun para peneliti dari NII sudah bekerjasama dengan para pihak yang mampu mengatasi permasalahan ini, namun sebelum hal tersebut menimpa diri Anda, maka ada baiknya untuk selalu berhati-hati dalam berpose dan mengunggahnya pada media sosial Anda. Agar sidik jari tidak terbaca, mungkin Anda bisa membalik sidik jari menghadap muka agar tidak tertangkap oleh kamera.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini