Sukses

Ingin Memiliki Kulit Wajah Cerah Tanpa Makeup? Ini Caranya

Liputan6.com, Jakarta Masih ingat bagaimana halusnya kulit wajah Anda yang polos tanpa makeup saat masih remaja? Pada masa remaja, lapisan atas kulit secara regular akan mengalami peremajaan setiap 28 hari.

Namun saat menginjak usia 30-an, kulit wajah mengalami perubahan. Sisa-sisa kulit mati mengendap lebih lama, sehingga menyebabkan kulit menjadi kusam dan tidak bercahaya.

Untuk menutupinya, kita harus mengaplikasikan foundation, bedak, dan segala macam produk makeup. Namun, jika Anda tidak terlalu suka memakai makeup, tips alami mencerahkan kulit wajah tanpa makeup berikut pasti sesuai dengan Anda, seperti dilansir dari Life and Beauty Weekly (Jumat, 20/01/2017).

Wajib menggunakan tabir surya

“Memakai tabir surya adalah tip nomor 1,2, dan 3,” kata Ranella Hirsch, M.D., seorang dermatologist di Boston. “Orang-orang selalu menganggap tabir surya hanya digunakan saat beraktivitas di luar ruangan, padahal pancaran sinar UV dapat menembus lapisan kulit, meskipun hari mendung” ujar Hirsch.

Hal tersebut dapat menyebabkan perubahan warna kulit, kekeringan, dan keriput. Gunakan pelembab yang mengandung SPF sekurang-kurangnya 15. Jika Anda akan beraktivitas di luar ruangan, gunakan SPF 30 sampai 45. Dengan menggunakan tabir surya, kulit Anda akan terlindung dari paparan sinar matahari.

1 dari 3 halaman

Pakailah pembersih wajah yang tepat

Saat membeli produk pembersih wajah, perhatikan bahan-bahannya. Sesuaikan dengan jenis kulit Anda. Jika Anda mempunyai jenis kulit sensitif, pilihlah pembersih wajah yang mengandung glycolic acid. Bahan ini dapat menghilangkan sel-sel kulit mati, sehingga membuat kulit tampak segar dan lebih cerah.

Jika kulit Anda bukan jenis kulit sensitif, Anda bisa memakai pembersih wajah yang mengandung retinoid. Aplikasikan saat malam hari karena retinoid sangat sensitif dengan paparan sinar matahari. Memilih pembersih wajah yang tepat untuk wajah Anda dapat membantu Anda mendapatkan kulit yang lebih cerah dan berkilau, meskipun tanpa makeup. Lakukan aktivitas yang bisa mengeluarkan keringat

“Aktivitas fisik yang membuat Anda berkeringat bisa menambah asupan oksigen yang masuk ke dalam kulit Anda,” ujar Dr. Hirsch. Asupan oksigen akan meningkatkan aliran darah, sehingga membuat kulit sehat. Jika kulit sehat, maka akan terlihat cerah dan berseri. Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti bejalan kaki, joging, atau bersepeda. Lakukan secara teratur tiga kali dalam seminggu.

2 dari 3 halaman

Hidup sehat

“Kulit Anda merefleksikan kesehatan Anda,” kata Dr. Hirsch. Jika Anda sehat, maka kulit Anda akan terlihat sehat juga. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran, tidur cukup, dan cukup minum air putih.

Minum air putih sangat diajurkan karena dapat mengurangi racun yang mengendap dalam tubuh. Hal itu juga bisa menetralisir kelebihan gula dan lemak yang Anda konsumsi. Perhtikan juga makanan yang masuk ke mulut Anda karena pasti akan berdampak pada kondisi kulit wajah Anda.

“Makanan yang sehat bagi tubuh Anda, pasti juga berdampak bagus bagi kulit Anda,” ujar Dr. Hirsch lagi.

Kulit wajah prima tanpa makeup? Siapa takut, yuk kita wujudkan segera.

Ana Fauziyah

Artikel Selanjutnya
3 Trik Merawat Sepatu Kesayangan Anda
Artikel Selanjutnya
6 Warna Dinding Kamar yang Gambarkan Kepribadian Anda