Sukses

Ini Alasan Mengapa Pangeran George Selalu Memakai Celana Pendek

Pangeran George, putra Kate Middleton dan Pangeran William, kerap terlihat mengenakan celana pendek. Ini alasannya.

Liputan6.com, Jakarta Pangeran George, anak pertama dari pasangan Pangeran William dan Kate Middleton, kerap muncul di hadapan publik dengan foto-foto yang menggemaskan. Agaknya Pangeran George adalah bocah berumur 3 tahun yang paling tersohor di dunia saat ini. Namun dari sekian banyak foto-foto Pangeran George, ada satu hal yang sudah pasti dari gayanya, yaitu ia selalu tampak memakai celana pendek.

Ternyata ada alasan di balik gaya berpakaian Pangeran George seperti dilansir dari House and Beautiful (Kamis, 19/01/2017). Pemakaian celana pendek untuk anak-anak laki-laki memang sudah menjadi tradisi di kalangan atas, para bangsawan, dan keluarga kerajaan.

"Memakaikan celana pendek untuk anak laki-laki sangat khas Inggris,” ujar ahli etiket Willian Hanson. Menurut Hanson, celana merupakan penanda kedudukan seorang anak laki-laki dalam masyarakat Inggris.

Meskipun zaman sudah berkembang, nilai-nilai tersebut masih tertanam di kalangan keluarga kerajaan dan bangsawan Inggris. Celana pendek yang dipakaikan pada anak-anak laki menunjukkan bahwa dia dari kalangan bangsawan, sementara anak laki-laki yang memakai celana panjang menunjukkan bahwa dia berasal dari kelas menengah. Anak-anak dari keluarga kerajaan akan memakai celana panjang jika sudah menginjak usia remaja dan dewasa.

Tradisi tersebut juga diterapkan pada Pangeran Willian dan Pangeran Harry ketika mereka berdua masih kecil. Mereka selalu terlihat memakai celana pendek saat muncul ke hadapan publik.

"Secara tradisi, seorang anak laki-laki akan memakai celana panjang saat mencapai umur delapan tahun," ujar Hanson lagi. "Secara historis, tradisi tersebut dapat ditelusuri pada abad ke 16. Pada masa itu, bayi laki-laki yang baru lahir akan diberi pakaian semacam gaun atau jubah di tahun pertama mereka, sampai tahun kedua. Kemudian saat tumbuh lebih besar, anak laki-laki akan dipakaikan semacam celana pendek".

Secara umum, di tengah kehidupan keluarga kerajaan yang telah menginjak era modern. Pemakaian celana pendek untuk anak laki-laki semata hanya karena tradisi, bukan lagi karena isu penanda kelas antar masyarakat.

"Kebiasaan memakaikan celana pendek tersebut lebih pada alasan tradisi yang sudah turun temurun. Keluarga kerajaan Inggris memang sangat kukuh memegang tradisi,” ujar Hanson.

Entah alasan tradisi atau bukan, penampilan Pangeran Geroge memang menggemaskan. Selain menjadi anak laki-laki berumur 3 tahun yang paling dikenal di seluruh dunia, kemungkinan Pangeran George adalah anak laki-laki yang paling ditunggu penampilannya di setiap kesempatan. 

Ana Fauziyah 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini