Sukses

5 Tips Masak yang Mampu Mengubah Rasa Masakan Anda

Simak 5 tips masak sederhana yang mampu mengubah rasa makanan Anda lebih bercitarasa, sehat dan menghemat pengeluaran.

Liputan6.com, Jakarta Terkadang banyak masakan yang terasa terlalu biasa sehingga bosan untuk dinikmati. Padahal, dengan melakukan beberapa tips masak ini, makanan yang sebelumnya terasa pasaran, menjadi lebih mewah dan berbeda. Seperti yang diperagakan oleh Chef Yudha Bustara, pada acara “Now in Season Australia” di Almond Zucchini Coocking Studio, Senin (16/1/2016)

Cuci Bawang
Anda tidak suka makan bawang? Atau tidak suka bau bawang yang terlalu menyengat? Mencuci bawang akan menjadi salah satu tips masak untuk menghilangkan rasa pedas bawang dan menghilangkan bau yang menyengat. Cara mencucinya juga cukup mudah, potong kasar dulu bawang yang akan digunakan, lalu cuci perlahan di air yang mengalir. Keringkan sejenak dan Anda bisa menggunakannya sebagai penyedap dalam makanan Anda, tanpa takut rasa yang terlalu menyengat.

Ganti MSG dengan bumbu rumahan
Terlalu banyak menggunakan MSG? Pastinya rasa yang dihasilkan akan menjadi pasaran dan terlalu biasa. Untuk membuat rasanya berbeda, jangan sungkan menggunakan campuran garam, cuka, gula, dan lada untuk membuatnya lebih segar. Bumbu alami juga dapat menghasilkan rasa yang mengejutkan apabila Anda bisa mencampurkannya dalam takaran yang tepat.

Ungkep Ayam
Ternyata, proses ungkep pada Ayam bisa dilaksanakan dengan waktu yang sebentar tanpa harus dimasukkan dalam lemari es. Sebelumnya, potong ayam dengan melepaskan semua tulangnya, kemudian balurkan beberapa bumbu seperti garam dan merica pada permukaan ayam. Bila sudah merata, campurkan olive oil dan sedikit kecap asin. Diamkan selama 5 menit dan ayam Anda sudah siap untuk dimasak.

Masak Ayam
Bila suka memasak ayam dengan cara deep fry, mungkin tips masak ini dapat membantu Anda menghemat pengeluaran untuk membeli minyak goreng yang makin mahal. Caranya adalah dengan cara di panggang di wajan yang bersuhu sekitar 60-70 derajat celcius, tambahkan sedikit olive oil atau minyak makan dan letakkan ayam. Panggang ayam hingga permukaan tampak menguning dan tekstur daging sudah mulai keras. Cara memasak ini akan efektif untuk membunuh bakteri yang ada di daging ayam. Bila kurang yakin, iris terlebih dahulu daging ayam sehingga matang hingga ke bagian dalam ayam.

Tukar gula dengan buah
Penggunaan gula yang berlebihan juga menjadi faktor makanan Anda terasa biasa-biasa saja. Untuk itu, tips masak ini akan menyarankan Anda menggunakan buah sebagai pemanis dalam masakan. Contohnya penggunaan nanas dalam gulai, apel dan pir dalam saus barbeque, serta pisang dalam pemanis kue Anda. Selain lebih sehat, rasa asli buah akan membuat masakan lebih nikmat disantap.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini