Sukses

10 Manfaat Besar Meditasi Bagi Kehidupan Anda

Tahunkah Anda meditasi dapat memberikan manfaat besar pada kehidupan Anda?

Liputan6.com, Jakarta Meditasi merupakan teknik penguasaan pikiran untuk mencapai harmoni dalam hidup. Lebih dari sekadar relaksasi, menurut Pujiastuti Sindhu, yang menulis buku berjudul Hidup Sehat dan Seimbang dengan Yoga, meditasi bertujuan melatih pikiran agar pikiran tetap tenang dan terpusat serta merasakan kesadaran penuh. Teknik meditasi ini telah diadopsi oleh praktisi dari berbagai kalangan di seluruh dunia. Apa saja manfaat melakukan meditasi bagi kehidupan Anda? Ini di antaranya.

Mengontrol tekanan darah menjadi lebih stabil, setara dengan penggunaan obat-obatan pengontrol tekanan darah, tanpa efek samping. (“Hypertension”, American Health Association Medical Journal)

Sebanyak 75% penderita insomnia yang telah berlatih meditasi dan melakukan relaksasi dapat segera tertidur 20 menit setelah mereka berbaring di tempat tidur. (Dr. Gregg Jacobs, Psikolog Harvard)

Meditasi meningkatkan asupan oksigen, menstabilkan detak jantung, pernapasan, dan tekanan darah, serta meningkatkan intensitas gelombang alfa, teta, dan delta, yang merupakan kebalikan dari perubahan fisiologis yang terjadi saat respons stres terjadi. (Herbert Berson MD, Harvard Medical School)

Terapi relaksasi efektif untuk meringankan rasa sakit. Teknik meditasi dengan merapal kata atau suara sambil memusatkan pikiran, dapat meringankan sakit pada punggung, persendian, dan kepala. (National Institutes of Health, 1996)

Pengidap kanker payudara kronis, menemukan bahwa perawatan ini dapat memperpanjang usia mereka hingga 18 bulan dibandingkan penderita lain yang tidak menerima perawatan yang sama. (Stanford University Medical Center)

Meditasi dapat membuat seseorang terlatih untuk mendisiplikan diri. Dalam dunia profesional, banyak hal bisa terjadi di luar kendali kita, yang tidak bisa kita kontrol. Satu-satunya yang bisa dikontrol adalah pikiran kita, yakni dengan latihan meditasi. Pikiran yang terlatih bisa membawa kita pada pencapaian-pencapaian tanpa kita duga. (Entrepreur.com, 2017)

Memperbaiki fungsi kekebalan tubuh. Ketika tubuh rileks, kekebalan tubuh kita menjadi lebih siap dalam menghadapi berbagai serangan bakteri, sel kanker, ataupun organisme penyerbu lain yang bisa menggerogoti kesehatan tubuh kita. (John Hopkins University School of Medicine)

Lebih fokus dan daya ingat lebih tajam. Meditasi membantu meningkatkan konsentrasi, perhatian pada detail, lebih berenergi, dan meningkatkan mood menjadi lebih positif. (Press of Athlantic City, 2017)

Mereka yang rajin melakukan meditasi, dapat membuat keputusan dan pilihan yang lebih baik dan positif. (Ellen L. Idler, Ph.D., Profesor Emory College)

Meditasi dan latihan pernapasan membantu melindungi dan membuat telomer lebih tahan lama. Telomer adalah bagian ujung kromosom yang berfungsi agar kromosom tidak memendek saat pembelahan sel terjadi. Jika kromosom kita sehat, maka sel-sel tubuh kita juga akan sehat. (Collective Evolution, 2017)

Ficky Yusrini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini