Sukses

2 Festival Wajib Anda Ketahui Saat Perayaan Imlek Berlangsung

Ada dua festival yang wajib Anda ketahui saat perayaan Tahun Baru Imlek berlangsung, apa saja? Simak di sini.

Liputan6.com, Jakarta Seperti yang Anda ketahui, Imlek tahun ini memasuki tahun ayam api. Namun, masih banyak orang yang tidak sadar, di luar perayaan Imlek itu sendiri, ternyata ada dua festival yang wajib Anda ketahui saat perayaan Imlek berlangsung, seperti dilansir dari history.com, Sabtu (14/1/2017). Penasaran?

1. Jie Cai Ceng: Festival menyambut dewa kekayaan dan kesejahteraan
Pada hari kelima perayaan Imlek, masyarakat Tionghoa menyakini bahwa dewa kemakmuran akan turun ke bumi dari langit. Karena hal ini jugalah, banyak orang memulai bisnis menjual petasan. Mereka percaya bahwa festival tersebut akan membawa kemakmuran dan keberuntungan pada bisnis yang dijalankan.

Jie Cai Ceng atau Festival menyambut dewa kekayaan dan kesejahteraan. Sumber: Asian Inspirations.

2. Yuan Xiao Jie: Festival lampion
Hari kelima belas dari perayaan Imlek dikenal sebagai Festival of Laterns dan festival ini juga menandakan berakhirnya perayaan Imlek. Semua jenis lentera atau lampion akan dinyalakan di pinggir-pinggir jalan dan dihiasi dengan puisi, maupun teka teki untuk hiburan. Di tahun ayam api ini Anda mungkin akan sering melihat lampion yang berbentuk ayam, diambil dari mitos masyarakat Cina.

Yuan Xiao Jie atau Festival lampion. Sumber: My Life.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.