Sukses

5 Hobi yang Bisa Membuat Otak Anda Semakin Pintar

Liputan6.com, Jakarta Hobi dan beragam kegiatan positif dapat mengembangkan kemampuan otak menjadi lebih pintar. Hobi yang menyenangkan dan menyegarkan juga dapat berpengaruh dan mengasah kecerdasan kita. Di bawah ini adalah 5 hobi yang dapat Anda coba untuk membantu membuat otak Anda lebih pintar dan cerdas seperti yang dikutip dari situs Lifehack, Selasa (17/1/2017).

1. Bermain alat musik

Confusius berkata, "Musik menghasilkan jenis kenikmatan yang membuat manusia tidak bisa hidup tanpanya". Musik memiliki kekuatan untuk menggali emosi yang kompleks dalam berbagai keadaan psikologis. Berbagai peneliti telah menunjukkan bahwa mendengarkan musik dan memainkan alat musik meningkatkan kapasitas memori.

Memainkan alat musik juga mengajarkan Anda kesabaran dan ketekunan, untuk itu membutuhkan waktu dan usaha untuk belajar memainkan alat musik. Hal ini juga akan mempertajam konsentrasi Anda.

2. Menuliskan perasaan Anda

Ada banyak manfaat yang dapat Anda rasakan dari menulis, termasuk meningkatkan kecerdasan Anda. Menulis meningkatkan kemampuan linguistik Anda, dan juga membantu Anda untuk mengembangkan keterampilan, fokus, kreativitas, imajinasi, dan pemahaman.

Penulis sering dianggap sebagai orang yang memiliki tingkat kecerdasan yang sangat tinggi. Anda dapat menulis dengan cara yang berbeda. Saat menulis Anda belajar untuk mengekspresikan diri dengan jelas sambil meningkatkan kecerdasan Anda.

1 dari 3 halaman

Perjalanan ke tempat-tempat baru

3. Perjalanan ke tempat-tempat baru

Perjalanan ke tempat asing dapat melatih fisik dan mental, serta menghilangkan stres. Ketika pikiran segar kembali usai melakukan perjalanan, Anda lebih bisa fokus pada segala hal yang harus Anda urus dan selesaikan.

Dalam perjalanan ke tempat asing, Anda akan mengalami beragam pengalaman baru dan berharga. Berbagai ide-ide baru pun akan mulai bermunculan. 

4. Memasak berbagai jenis makanan

Banyak dari kita merasa bahwa hobi memasak hanya membuang-buang waktu

Padahal seorang koki atau orang-orang yang hobi masak atau mencoba berbagai makanan, memiliki tingkat kreativitas yang tinggi.

Setiap kali Anda memasak sesuatu, Anda belajar untuk multitask, mengukur dengan presisi, dan membuat sebuah keputusan yang cepat. Dengan semua keterampilan yang Anda memperoleh dari hobi ini, otomatis Anda akan menjadi lebih cerdas.

2 dari 3 halaman

Belajar bahasa baru

5. Mempelajari bahasa baru

Hobi mengenal dan mempelajari bahasa baru tidak selalu menjadi tugas yang mudah, namun memiliki banyak keuntungan serta meningkatkan kecerdasan otak.

Ini juga telah dibuktikan melalui berbagai percobaan bahwa orang dengan tingkat kecerdasan verbal linguistik yang tinggi, akan lebih pandai dalam proses pengambilan keputusan dan pemecahan masalah.

Tera Tri Yusepi

Artikel Selanjutnya
10 Cara Bangkitkan Gairah Pasangan Saat Berhubungan Seks
Artikel Selanjutnya
Inilah 6 Tanda Anda Terlalu Stres