Sukses

3 Langkah Penghilang Stres yang Bisa Anda Coba

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda termasuk tipe yang mudah stres? Stres karena tekanan pekerjaan atau beban kehidupan sehari-hari memang sulit dihindari. Namun jangan biarkan stres mengambil alih kehidupan Anda dan malah memicu timbulnya berbagai penyakit.

Agar kehidupan Anda lebih tenang dan bahagia, terutama di awal tahun seperti sekarang, coba 3 langkah mudah menangkal stres berikut ini:

1. Menyendiri

Ada kalanya Anda butuh waktu sendiri. Menjauh dari orang-orang di sekitar Anda dan ‘detox’ media sosial. Saat Anda sedang menyendiri, jangan malah larut dalam pikiran. Justru ini waktunya Anda melakukan segala sesuatu yang disukai alias menciptakan me time yang berkualitas.
Misalnya kalau Anda suka minum kopi, habiskan waktu dengan nongkrong di kafe atau kedai kopi favorit sambil membaca, mendengarkan musik atau menonton video. Kalau suka nonton film, pergilah ke bioskop dan maraton film seharian.

2. Merencanakan liburan

Salah satu cara kabur dari kenyataan adalah dengan liburan. Bahkan, dengan merencanakannya saja sudah bisa memberi kesenangan tersendiri loh. Ketika Anda merasa stres karena beban pekerjaan terlalu berat, coba bayangkan Anda berlibur di tempat-tempat indah yang selama ini belum pernah sempat dikunjungi.Coba cari inspirasi tempat liburan paling seru di

Indonesia atau di luar negeri di media sosial, blog-blog travel atau media lainnya. Cek tabungan dan tentukan destinasi liburan yang sesuai dengan budget Anda.

Lalu mulailah mengumpulkan informasi, buat itinerary, tempat mana saja yang kira-kira menarik untuk dikunjungi di satu kota / daerah / negara tersebut. Cek juga harga tiket pesawat dan hotel agar Anda bisa memperkirakan berapa pengeluaran jika ingin liburan ke sana.

3. Langsung berangkat!
Kalau Anda bukan tipe perencana atau tingkat stres Anda sudah benar-benar tinggi, tidak ada salahnya ‘kabur’ sebentar. Langsung pergi liburan atau short trip ke sebuah tempat yang menenangkan.

Jika Anda senang bermain air, pergilah ke tempat yang terkenal dengan pantai atau curugnya.Sebaliknya, jika Anda lebih suka dengan sejuknya udara khas pegunungan, pergilah ke daerah yang terkenal dengan gunungnya.

Mau pergi liburan sendiri atau bersama teman maupun pasangan, seluruhnya tergantung pada keputusan Anda sendiri. Pastikan Anda merasa nyaman menjalaninya agar liburan itu benar-benar bisa menghilangkan rasa penat serta stres. Selamat mencoba!

(Adv)

Artikel Selanjutnya
Trik Cerdik Hilangkan Kebiasaan Menunda-nunda
Artikel Selanjutnya
4 Trik Enyahkan Rasa Malas