Sukses

Bawa Rasa Warung Texas, Restoran Ini Pertahankan Tradisi Asli

Liputan6.com, Jakarta Tradisi memang menjadi kunci, bagaimana mempertahankan sebuah rasa agar tetap nikmat dari generasi ke generasi. Patokan inilah yang coba diwujudkan di Carne Smokehouse yang berlokasi di Cipete Raya, Jakarta. Dengan membawa konsep warung Texas dan cara masak yang sama dengan kebiasaan daerah asal barbeque, Amerika Serikat, Carne mencoba memberi pengalaman baru dalam menikmati olahan daging sapi dengan cara diasap.

“Sebenarnya steak dan barbeque itu dijual dalam bentuk warung kalau di Texas. Jadi kita membawa kebiasaan sharing barbeque di Carne Smokehouse ini. Cara masak yang digunakan juga sama persis dengan apa yang biasa dilakukan orang sana, ujar Edwin Arofah, salah seorang owner Carne Somkehouse pada Kamis (12/1/2017).

Belajar melalui buku dan video, akhirnya Carne mampu menghasilkan teknik memasak yang tradisional. Kebiasaan masak tradisional yang dimaksud adalah dengan cara mengasapi daging yang digunakan sebagai barbeque. Bahkan khusus untuk membuat daging asap, Carne Smokehouse membuat panggangannya sendiri, karena lebih murah dan bisa diatur spesifikasinya sesuai dengan yang diinginkan.

Ternyata ada daging spesial yang menjadi andalan di Carne Smokehouse, yaitu daging brisket yang sangat keras dan menjadi daging kualitas ke 38 dari 44 bagian daging sapi. Dengan proses pengasapan, brisket mampu menjadi daging yang lunak dan memiliki tekstur lembut serta juicy ketika dikonsumsi nantinya. Proses pengasapan sendiri berjalan sekitar 12 jam untuk daging brisket, dan 10 jam untuk daging ribs sapi.

Carne Smokehouse, bawa tradisi Texas dalam sajian barbeque daging asap

Dengan cara ini pula, daging yang disajikan oleh Carne Smokehouse memiliki tanda kualitas yang tidak diragukan, yaitu smoke circle. Lingkaran merah pada daging ini menandakan bahwa proses pengasapan daging dilakukan dengan benar dan tidak merusak rasa. Sehingga, daging makin lembut dan memiliki lapisan hitam asap yang sangat gurih bila disantap.

“Berbeda dengan steak yang sudah dikenal banyak orang, proses smoke menjadikan daging empuk dan lebih juicy, karena lemak yang ada di dalam lapisan daging menyatu dan memberikan rasa daging yang sebenarnya. Hanya bermodal garam dan lada, tanpa bumbu lainnya,” jelas Edwin.

Beberapa menu favorit yang menjadi andalan Carne Smokehouse adalah Barbeque Brisket yang dibanderol Rp 59 ribu per 100 gram. Inovasi juga dilakukan para juru masak di Carne Smokehouse dengan membuat bumbu barbeque sendiri yang berbeda, sehingga rasanya lebih asam dan nikmat. Bahkan orang yang pernah datang ke Texas, AS, memuji kuliner yang disajikan karena mirip dengan aslinya.

Bastard Platter, menu makan besar dengan 1 Kg daging dari Carne Smokehouse

“Kita belum ada yang pernah menginjakkan kaki di Texas. Tapi ada orang yang pernah ke Texas dan menanyakan apakah ada orang yang belajar ke sana, karena rasa makanannya benar-benar persis dengan apa yang pernah ia rasakan di sana”, ungkap Edwin.

Dengan konsep resto yang santai, Carne Smokehouse juga menawarkan harga yang cukup terjangkau untuk semua menunya. Mulai dari Rp 59 ribu hingga Rp 499 ribu, berbagai macam menu bisa Anda nikmati bersama keluarga seperti barbeque, steak, burger, hingga side dish yang beragam. Anda juga dapat menikmati makan bersama keluarga di tempat dengan desain santai. Bahkan Carne Smokehouse menganjurkan makan barbeque memakai tangan, karena sama dengan kebiasaan dari Texas.

“Untuk selanjutnya, kita ingin mengembangkan menu perpaduan Texas dan Mexican, seperti nachos, tacos dan lainnya”, tutup Edwin.

Artikel Selanjutnya
5 Menu Masakan Praktis ala Anak Kos
Artikel Selanjutnya
Mau Buat Camilan Gyoza Sendiri Di Rumah? Ikuti Cara Ini