Sukses

Punya Peran Sentral, Apa Sentuhan Warna Terbaik untuk Dapur?

Bingung harus mengaplikasikan warna apa untuk dapur? Berikut beberapa pilihan warna yang mungkin cocok bagi dapur Anda.

Liputan6.com, Jakarta Dapur cenderung diabaikan saat seseorang tengah mendekorasi interior rumah. Padahal banyak pertimbangan untuk memutuskan skema warna yang bisa digunakan untuk dapur, mengingat dapur merupakan salah satu bagian yang paling fungsional dari rumah dan banyak waktu dihabiskan di ruangan ini.

Meskipun warna yang digunakan di dapur sebagian besar bergantung pada pilihan pribadi, ada beberapa warna standar yang dianggap cocok untuk dapur. Seperti dikutip dari magforwomen.com, Selasa (24/1/2017), ada dua warna klasik untuk dapur yaitu biru dan hijau yang dapat digunakan dalam nuansa yang berbeda.

Warna yang digunakan di dapur tergantung pada ukuran ruangan. Untuk dapur kecil, disarankan agar Anda menggunakan warna yang lebih ringan dari biru dan hijau dengan tone yang lebih gelap untuk highlights. Dapur yang lebih besar dapat memiliki warna lebih gelap. Namun, pastikan bahwa Anda menggunakan nuansa ringan sehingga dapur tidak tampak gelap dan kusam.

Hijau apel adalah warna yang sangat indah untuk dapur. Bayangan terang ini dapat dilengkapi dengan lemari berwarna gading atau putih. Biru laut juga dapat menjadi pilihan dengan lemari berwarna terang. Warna kuning juga terlihat indah ketika digunakan di dapur, karena kuning adalah warna yang sangat serbaguna, dan dapat digunakan dalam kombinasi dengan banyak warna seperti biru, hijau atau merah.

Salah satu warna favorit bagi dapur modern adalah merah tua. Warna yang juga dapat digunakan untuk dinding atau lemari di dapur. Merah tua juga bisa dikombinasikan dengan warna lain, seperti kuning gading dan krem. Borders dan hiasan dapat diaplikasikan menggunakan warna hitam atau warna coklat. 

Namun demikian, warna merah terang sangat tidak cocok di tempat yang panas dan lembab, karena merah adalah warna yang hangat dan meningkatkan suhu ruang.

Krem menjadi warna terindah untuk ruangan dapur. Warna ini dapat dicocokkan dengan peralatan kayu gelap dan lemari kayu di dapur. Jika Anda ingin menambahkan sedikit sentuhan mendalam ke dapur, Anda dapat menambahkan abu-abu gelap.

(Odilia Hana Santoso)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.