Sukses

Aneka Bahan Alami Ini Ternyata Dapat Menutrisi Kuku dengan Baik

Liputan6.com, Jakarta Apakah kuku Anda mudah terkelupas, rapuh, kusam dan pertumbuhannya terganggu? Perlu diketahui, kandungan keratin pada kuku harus terjaga dengan maksimal agar tetap sehat.

Rata-rata, kuku tumbuh dan beregenerasi sekitar satu per sepuluh dari satu inci dalam satu bulan. Namun, proses pertumbuhan setiap orang akan berbeda terkandung kondisi metabolisme tubuh masing-masing. Tingkat pertumbuhan kuku dapat terhambat oleh ketidakseimbangan hormon, kekurangan gizi, gangguan kesehatan atau karena pengaruh asupan obat tertentu.

Berikut adalah bagaimana beberapa bahan-bahan alami yang dapat menutrisi kuku seperti yang dikutip dari situs Boldsky, Kamis (19/01/2017).

Lemon & Minyak Kelapa

Asam sitrat dalam jus lemon dapat menghilangkan perubahan warna pada kuku, sedangkan asam laurat dalam minyak kelapa dapat memperkuat dan menyehatkan kutikula. Ambil satu sendok makan minyak kelapa, tambahkan 5 tetes jus lemon, lalu panaskan dalam microwave selama 20 detik. Celupkan kuku Anda ke dalam larutan tersebut, biarkan terendam selama 10 menit dan pijat dengan baik permukaan kuku Anda. Lakukan sekali dalam sehari.

Jus Jeruk

Jus jeruk tinggi akan asam folat dan vitamin C, keduanya mendorong pertumbuhan kuku. Rendam kuku Anda dalam jus jeruk selama 5 menit, dan kemudian bilas hingga bersih. Lalu keringkan dengan handuk bersih.

1 dari 3 halaman

Bawang Putih

Bawang Putih

Bawang putih mengandung belerang, yang dikenal dapat menyehatkan dan memperkuat kuku yang rapuh. Rebus secangkir air, tambahkan 1 siung bawang putih yang sudah dihancurkan dan satu sendok teh jus lemon. Biarkan mendidih selama 10 menit dan biarkan sampai dingin. Masukan larutan tersebut ke dalam botol cat kuku kosong. Oleskan pada kuku Anda setiap malam sebelum tidur.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun yang mengandung vitamin E, dapat merangsang sirkulasi darah dan memperlancar proses pertumbuhan kuku menjadi lebih cepat. Sebelum tidur, pijat kuku dan kutikula dengan minyak zaitun hangat. Biarkan semalaman. Ulangi setiap malam.

2 dari 3 halaman

Minyak kelapa & Madu

Minyak kelapa & Madu

Asam laurat pada minyak kelapa bila dikombinasikan dengan asam amino dari madu, dapat membuat kuku berkilau. Campur minyak kelapa dengan satu sendok teh madu, pijat pada kuku Anda selama 5 menit. Biarkan selama 15 menit, bilas dan keringkan. Ulangi 2 kali dalam seminggu.

Tomat & Minyak zaitun

Jumlah biotin dan vitamin A yang ada di dalam tomat dapat menutrisi kuku dengan maksimal. Campurkan 1 sendok makan jus tomat dan minyak zaitun. Rendam kuku Anda dalam larutan ini selama 10 menit. Lakukan ini beberapa kali dalam seminggu, sampai kondisi kuku kembali prima.

Tera Tri Yusepi

Artikel Selanjutnya
5 Cara Alami Atasi Permasalahan Kulit Tangan yang Mulai Berkerut
Artikel Selanjutnya
Parutan Jahe Bisa Atasi Rambut Berminyak