Sukses

Ada 3 Kebudayaan Indonesia pada Video Klip Amazing Day Couldplay

Liputan6.com, Jakarta Ada yang menarik dari video klip "Amazing Day" yang baru dirilis band tenar asal Inggris Coldplay. Video berdurasi 4 menit 41 detik ini menjadi video klip paling menarik milik Coldplay lantaran menceritakan segala hal yang tengah terjadi si seluruh belahan dunia.  

Proyek pembuatan video klip sendiri awalnya dimulai saat Coldplay konser di Global Citizen Festival di Mumai, 19 November 2016. Mereka menjawab tantangan untuk merekam apa saja kegiatan di seluruh dunia melalui Instagram. Ternyata dalam video klip "Amazing Day" ini ada tiga potongan gambar kebudayaan Indonesia. Dalam waktu singkat, video klip yang baru diunggah pada 5 Januari 2017 langsung mendapat ratusan ribu penonton. Berikut 3 budaya Indonesia yang masuk dalam video klip Coldplay.

Tari Saman
Berasal dari Aceh, Tari Saman merupakan tarian yang memiliki berbagai formasi unik dalam penyajiannya. Dalam penampilannya sendiri tidak menggunakan lagu pengiring, hanya tepukan tangan dan suara penari yang lantang. Tari Saman juga memiliki tingkat kesulitan yang tinggi karena mengandalkan kekompakan dan keselarasan gerak. Pada video klip “Amazing Day” tampak beberapa wanita berbaris sambil menepukkan tangan dan menggerakan kepala secara rampak dalam tarian. 

Tari Topeng
Tersebar luas di wilayah Jawa, Bali, dan Kalimantan, Tari Topeng memiliki sejarah yang panjang. Tarian ini dikenal sejak zaman prasejarah dan lekat dengan cerita kuno para leluhur. Ciri khas dari tarian ini adalah sang penari harus mampu menggigit topeng selama pertunjukan berlangsung, serta membawakan karakter tokoh sesuai topeng. Dalam video klip Colplay, potongan gambar Tari Topeng ada di bagian tengah lagu. Penari pria dan wanita tampak mengenakan baju adat Jawa Tengah saat membawakan tarian ini. 

Tari Pendet
Memiliki durasi lebih singkat dibanding dua tarian lainnya di video klip ini, Tari Pendet tetap memesona. Tari pendet memiliki sejarah yang panjang sebagai tari persembahan untuk ibadah. Tari ini melambangkan penyambutan atas turunnya Dewata ke alam dunia. Seiring perkembangan zaman, seniman Bali akhirnya mengubah Pendet menjadi tarian selamat datang. Dalam video klip Coldplay, tampak beberapa gadis Bali sedang menaburkan bunga setelah menarikan Tari Pendet.

Artikel Selanjutnya
Bikin Fans Heboh, Teaser Lagu Baru BTS Ditonton 9 Juta Kali
Artikel Selanjutnya
Kuis Lagu "Bukti" Virgoun : Ayo Susun Lirik Lagu untuk Sang Idola