Sukses

Selain Traveling, Ini 5 Cara Ampuh Usir Stres

Selain refreshing dengan melakukan perjalanan wisata, berikut lima cara ampuh yang dapat membantu Anda mengusir stres.

Liputan6.com, Jakarta Stres adalah bagian dari kehidupan. Anda tentu tidak dapat terhindar dari stres, dengan segala permasalahan yang muncul dalam hidup. Namun Anda dapat menetralisir stres dengan cara lain yaitu mengontrol diri.

Dengan melakukan kontrol diri yang baik Anda dapat hidup lebih sehat, tenang, dan bahagia jika dapat mengusir perasaan stres. Seperti yang dilansir dari situs Powerofpositivity, Rabu (18/1/2017), berikut lima cara mengusir stres yang dilakukan dari dalam diri Anda.

1. Lebih aktif

Stres adalah tekanan dari dalam pikiran. Saat tubuh dan fisik Anda aktif melakukan aktivitas, secara tidak langsung hal ini akan memperbaiki sistem otak Anda. Anda akan lebih tenang dan melupakan permasalahan sekaligus mampu berdamai dengan hidup. Aktivitas yang dapat Anda lakukan seperti mencari kegiatan di luar kantor, berkumpul bersama teman lama, hingga olahraga rutin.

2. Memahami kekuatan pikiran

Tidak ada masalah yang besar, hanya individulah yang membuatnya besar sehingga sulit untuk diatasi. Semuanya tergantung pada pikiran Anda. Cobalah untuk menghadapi permasalahan dengan kepala dingin dan berpikiran positif. Jika Anda berpikir negatif akan menimbulkan rasa khawatir dan mengeluarkan hormon stres sehingga membuat Anda tidak produktif.

3. Perhatian

Cobalah menjadi pribadi yang perhatian. Ketika orang-orang disekitar Anda merasakan kesedihan atau permasalahan, Anda dapat membantunya sekaligus belajar dari pengalaman tersebut. Anda akan merasa betapa beruntungnya. Rasa syukur tersebut dapat menghilangkan rasa stres dalam pikiran.

4. Berhubungan dengan banyak orang

Lakukan hal-hal yang dapat mengalihkan pikiran Anda dari stres. Buat diri Anda nyaman dengan bersosialisasi dengan banyak orang. Datangi setiap pertemuan positif. Bukan berarti saat Anda stres harus mengurung diri, ini hanya akan memperburuk keadaan.

5. Menuliskan apa yang Anda pikirkan

Menulis diary dan jurnal adalah salah satu cara paling ampuh untuk mengatur pikiran Anda. Anda akan menulis jujur tanpa melebih-lebihkan permasalahan. Anda akan mengintrospeksi diri tanpa harus malu ada yang melihatnya. Anda juga akan lebih tenang dan bebas melepaskan beban yang dicurahkan dalam tulisan sehingga meminimalisir tingkat stres.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.