Sukses

Kemenpar Tantang Anak Muda Gabung di Wonderful Startup Academy

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pariwisata akan meluncurkan Wonderful Startup Academy (WSA), yaitu program pengembangan startup business yang fokus pada sektor pariwisata di Indonesia.

Hiramsyah Sambudhy Thaib Ketua Pokja Percepatan 10 Destinasi Prioritas Kemenpar menurut informasi yang diterima Liputan6.com, Rabu (11/1/2017) mengatakan, program ini dibuat untuk pengembangan usaha pariwisata berskala kecil dan menengah dan pembinaannya langsung oleh pelaku bisnis, pejabat pemerintahan, dan akademisi yang mengerti dunia startup dan industri pariwisata.

Terkait dengan hal ini, Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, program ini akan mewadahi digital company dengan subjek-seubjek UKM pariwisata, seperti hotel atau homestay.

“Contoh suksesnya Gojek yang berhasil mengelola ojek perorangan. Jadi Indonesia akan hebat kalau koperasi dan UKM dikelola secara korporasi,” ungkap Menteri Arief.

Manfaat lainnya yang didapat para peserta WSA adalah terbukanya Market Access. Peserta berkesempatan mengikuti kunjungan ke kawasan industri usaha kecil menengah dan berbagai objek wisata di Indonesia. Ada demo day, kompetisi, dan investor speed dating.

Program yang mulai direalisasikan pada 15 januari 2017 ini mengambil durasi sembilan bulan, mulai dari Januari hingga September 2017, kegiatan inkubasi intens dilakukan di Gedung Smesco.

Para pelaku bisnis digital ini akan terus didorong untuk mengembangkan aplikaso kreatif yang terkoneksi dengan UKM di daerah-daerah. Selain memudahkan wisatawan untuk mendapatkan informasi wisata, dari program ini para pelaku usaha juga bakal terangkul untuk bisa terus bertumbuh.

“Kami akan fokus di 10 destinasi prioritas. Tetapi kami juga tidak menutup kemungkina kalau ada startup dari luar 10 destinasi itu yang berpotensi bagus,” kata Menteri Arief menambahkan.

Artikel Selanjutnya
Ezra Walian Pamer Pacar Seksi di Instagram
Artikel Selanjutnya
Manggung di Tomorrowland, Ini Cerita Kesuksesan Angger Dimas