Sukses

6 Gaya Hidup Hemat untuk Potong Biaya Tagihan

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin berusaha untuk menjadi hemat. Namun, saat menerima gaji, Anda merasakan dorongan untuk bersenang-senang. Hingga pada titik tertentu, Anda akan merasa pengeluaran begitu boros sampai sulit untuk menabung.

Alih-alih menabung, Anda bahkan kesulitan juga untuk membayar tagihan. Jika sudah begitu, coba lihat apa saja pengeluaran Anda yang perlu dibenahi.

Tidak hanya terlalu boros untuk bersenang-senang, gaya hidup Anda sehari-hari pun bisa menjadi sumber larinya uang Anda. Dilansir dari Metro, Kamis (12/1/2017), berikut gaya hidup yang bisa membantu Anda lebih hemat, khususnya dalam membayar tagihan.

1. Gunakan alat penghemat listrik
Anda dapat memasangnya di rumah untuk membuat aliran listrik menjadi efisien. Ini akan sangat membantu memotong tagihan listrik Anda.

2. Cek alat elektronik Anda
Jika Anda menggunakan alat-alat elektronik lawas, barangkali mereka belum dilengkapi dengan kemampuan menghemat energi. Alhasil, tagihan listrik Anda pun membengkak karenanya. Maka ada baiknya Anda mengganti alat-alat Anda dengan yang lebih hemat energi. Investasi di awal untuk penghematan yang lebih banyak ke depan merupakan pilihan bijak, bukan?

3. Setop gunakan microwave
Alat ini sangat boros listrik dan membuat tagihan Anda membengkak. Untuk memanaskan makanan, Anda mungkin dapat menggunakan oven.

4. Cabut alat elektronik saat tidak digunakan
Jika Anda tidak menggunakan alat elektronik, jangan biarkan kabelnya masih tercolok. Sebab, benda itu masih mengonsumsi listrik yang sebenarnya tidak perlu.

5. Gunakan lampu hemat energi
Lampu LED biasanya lebih hemat energi daripada lampu bohlam. Ganti lah semua lampu di rumah dengan ini untuk menghemat biaya tagihan listrik.

6. Jangan boros air
Tagihan air juga salah satu yang perlu Anda perhatikan. Bukan hanya penggunaannya saja yang perlu dihemat, tetapi Anda juga perlu mengecek bila ada pipa atau keran yang bocor dan segera memperbaikinya. Ini akan sangat membuat Anda lebih hemat karena air tidak terbuang sia-sia.

Artikel Selanjutnya
Mulai Lakukan 6 Hal Ini untuk Turunkan Berat Badan
Artikel Selanjutnya
6 Gaya Hidup Sehat untuk Mendapatkan Berat Ideal Tanpa Diet