Sukses

Mata Sering Lelah Saat Bekerja? Jaga Dengan 6 Cara Ini

Liputan6.com, Jakarta Penglihatan mata sangatlah penting dalam kehidupan. Bahkan pekerjaan paling sederhana tidak bisa terselesaikan bila mata memiliki gangguan. Tentunya dalam kehidupan pekerjaan sekarang, ketelitian dari penglihatan merupakan faktor yang penting untuk menyelesaikan tugas. Untuk itu rawat dan jaga mata Anda dengan 6 cara ini, seperti yang dirilis oleh Lifehack.org, Senin (16/1/2017).

Rutin ke dokter mata
Rajin ke dokter mata untuk memeriksakan mata Anda, akan mengurangi berbagai risiko yang tidak diinginkan. Mata akan diperiksa mulai dari penangkapan cahaya, tekanan darah, hingga fokus pandangan mata. Dengan cara ini, mata akan tetap terjaga dan siap untuk bekerja setiap harinya.

Konsumsi makanan sehat
Tidak diragukan lagi, mengkonsumsi berbagai makanan sehat akan memberikan manfaat baik untuk tubuh, termasuk mata Anda. Biasakan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A dan mineral yang penting untuk menjaga kemampuan mata. Makanan seperti sayur-sayuran dan buah-buahan juga baik untuk dikonsumsi demi kesehatan mata.

Hindari mata kering saat bekerja
Faktanya banyak iritasi yang terjadi ketika mata kering. Selain kesalahan dari kelenjar mata, beberapa penyebab juga sering menjadi alasan mengapa mata kering, seperti keadaan lingkungan sekitar, penuaan, dan pengobatan medis. Mata kering dapat menyebabkan pandangan tidak fokus dan sensitif dengan cahaya yang terang. Sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung Omega 3 seperti telur, minyak ikan, keju, dan daging.

Istirahatkan mata saat bekerja
Baik pekerjaan di dalam ruangan dan di luar ruangan, mata sebagai alat penglihatan harus senantiasa dijaga dengan mengistirahatkannya. Memandang komputer terlalu lama dapat menyebabkan kelelahan pada mata Anda. Kondisi lainnya yang dapat terjadi adalah pusing, mata kabur, dan tidak fokus. Usahakan untuk memberi waktu untuk otot mata beristirahat 20 detik setiap 20 menit sekali.

Gunakan kacamata
Banyak pekerjaan yang menuntut keamanan mata. Dalam kondisi ini jangan segan-segan untuk menggunakan kacamata untuk menghindari berbagai hal yang dapat membahayakan mata Anda. Sangat direkomendasikan untuk membeli sebuah kacamata yang melindungi mata dari sinar UVA dan UVB.

Ikuti aturan saat menggunakan lensa kontak
Lensa kontak memberikan banyak kenyamanan dibanding dengan kacamata, namun lebih banyak perawatan yang harus dilakukan agar mata sehat saat menggunakan lensa ini. Selalu patuhi aturan penggunaan lensa kontak sehingga terhindar dari risiko penyakit yang bisa ditimbulkan dari lensa.

Artikel Selanjutnya
Tips Praktis Perawatan Kulit Saat Perjalanan Mudik
Artikel Selanjutnya
Berapa Banyak Pengiring Pengantin untuk Pernikahan Ideal?