Sukses

3 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Saat Sedang Diet

Hindari produk-produk makanan ini jika tak mau jadwal diet Anda berantakan.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki berat badan ideal adalah impian setiap wanita. Oleh karena itu, banyak wanita yang melakukan diet untuk mendapatkan bentuk tubuh idaman mereka. Namun, jangan mudah terkecoh dengan makanan yang tampak sehat, tapi malah justru harus dihindari saat sedang diet.

Seperti yang ditulis dalam situs byrdie.com, Selasa (17/1/2017) ada 3 jenis makanan yang justru membuat diet Anda berantakan. Apa saja itu?

1. Makanan berlabel "Fat-Free" atau "Low-Fat"

Makanan berlabel rendah lemak (Foto: Byrdie.com)
Makanan yang bertanda "Fat-Free" atau rendah lemak mungkin tampak baik dikonsumsi saat Anda sedang diet. Namun, ternyata para ahli menyebutkan bahwa produk makanan berlabel tersebut justru harus dihindari. Mengapa begitu? Karena makanan ini juga mengandung bahan kimia, pati dan memiliki nilai gizi yang sedikit.

Selain itu, makanan bertanda rendah lemak juga bisa menyebabkan Anda merasa lebih lapar kemudian. Menurut seorang ahli gizi, saat Anda mengkonsumsi produk makanan rendah lemak, maka Anda akan makan 50 persen lebih banyak setelahnya.


2. Roti putih dan mentega 

Roti putih dan mentega (Foto: Byrdie.com)
Tidak semua karbohidrat itu buruk, tapi tidak ada seorang ahli gizi yang merekomendasikan makan roti putih kemasan saat sedang diet. Pasalnya, roti putih kemasan yang terbuat dari tepung telah dilucuti dedak gandumnya, sehingga tidak memiliki serat dan nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh Anda.

Apalagi jika Anda sering menambahkan mentega pada roti. Mentega mengandung lemak yang sulit bermetabolisme dalam tubuh. Jadi, lemak tersebut dapat terus bersarang dan menimbulkan kolesterol buruk.


3. Salad siap makan

Salad siap makan (Foto: Byrdie.com)
Kebanyakan orang menganggap bawa salad menjadi salah satu makanan sehat yang wajib dikonsumsi saat diet. Padahal, banyak salad yang mengandung kalori dan lemak tinggi setara cheese burger. Jika ingin mengkonsumsi salad saat sedang diet, ganti saus salad Anda dengan minyak zaitun dan cuka putih. Atau buat saus salad sendiri yang terbuat dari saus jeruk sebanyak satu sendok teh saja.

Sebaiknya Anda pun membuat salad sendiri di rumah dengan pilihan sayur-sayuran yang dicuci bersih dan disimpan dalam wadah kering. Lalu, tambahkan kacang-kacangan dan biji-bijian favorit Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.