Sukses

5 Hobi Ini Akan Membuat Otak Lebih Pintar

Tak disangka 5 hobi ini akan membuat otak Anda menjadi lebih pintar.

Liputan6.com, Jakarta Perkerjaan dan rutinitas yang padat setiap hari memang tiada hentinya. Tubuh akan membutuhkan kegiatan lain salah satunya dengan menjalani hobi yang Anda gemari untuk relaksasi, agar tubuh mampu menjaga keseimbangan kehidupan, mencegah kelelahan mental dan emosional.

Masing-masing orang akan memiliki hobi yang berbeda-beda. Ketimbang membuang-buang waktu untuk hobi yang tidak membantu kesejahteraan mental dan fisik, sebaiknya mulailah menginvestasikan waktu Anda dalam kegiatan yang dapat meningkatkan produktivitas.

Dilansir dari Bussines Insider, Jumat (13/01/2017), lima hobi berikut akan menginspirasi dan dapat membuat otak Anda lebih pintar.

1. Berolahraga
Berolahraga adalah salah satu upaya untuk menggerakkan seluruh anggota tubuh. Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental, olahraga secara konsisten akan membuat Anda awet muda, meningkatkan kualitas tidur dan memberikan energi sepanjang hari. Sebuah studi menemukan bahwa berolahraga dapat mengurangi gejala kurangnya perhatian dan hiperaktivitas dan mengarah pada kinerja kognitif yang lebih baik. Olahraga bisa dilakukan dengan berbagai bentuk misalnya berlari, berenang atau jika Anda tipikal orang yang suka ketenangan, mungkin bisa mencoba olahraga yoga dan hiking yang membantu Anda terhubung dengan alam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Meditasi

2. Meditasi
Banyak sekali studi yang menunjukkan bahwa meditasi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan juga otak. Meditasi mampu mengarahkan otak untuk lebih fokus terhadap sesuatu, mengubah otak sehingga membantu untuk mendapatkan kembali kontrol emosional, serta membuat suasana hati menjadi lebih baik.

3. Membaca
Buku merupakan cara yang sangat bagus untuk mempelajari sesuatu secara lebih lanjut. Bagi Anda yang memiliki hobi membaca, buku tidak hanya untuk kesenangan tetapi juga media untuk memperoleh pengetahuan, memperluas pemikiran, meningkatkan kosa kata, public speaking dan mengasah otak untuk berpikir kritis.

Jika dilakukan secara konsisten, membaca akan merangsang otak dan mampu mencegah penyakit neurodegenerative seperti Alzheimer. Mulailah mengganti satu jam dari kegiatan Anda dengan meluangkan waktu untuk membaca sehingga mampu melatih otak lebih pintar.

3 dari 3 halaman

Memainkan alat musik

4. Memainkan alat musik
Percaya atau tidak, ternyata memainkan alat musik adalah latihan untuk seluruh otak. Sebuah studi menunjukkan bahwa memainkan alat musik mampu mengaktifkan banyak saraf pada otak. Jika anak-anak belajar bermain instrumen, maka mereka akan mencapai skor yang lebih tinggi dalam pemahaman membaca dan matematika. Hal ini disebabkan karna bermain musik dapat meningkatkan kapasitas memori, mengajarkan bagaimana bekerja dalam sebuah tim.

5. Menulis
Hobi menulis akan mampu mengeksternalisasi pikiran dan perasaan kedalam sebuah tulisan. Menulis secara konsisten mampu meningkatkan kerja otak dalam menganalisis dan meningkatkan kemampuan komunikasi dengan orang lain.
Memanfaatkan waktu luang dan menemukan hobi yang bermakna akan menambah nilai kehidupan, membuat Anda lebih baik dan bahagia.

(Latifah Gusri)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.