Sukses

Kota di Asia Tenggara Penakluk Wisatawan Terbesar Dunia, Jakarta?

Liputan6.com, Jakarta Siapa sangka, berbagai kota terkenal di dunia seperti New York, London, dan Paris harus bertekuk lutut pada sebuah kota di Asia Tenggara. Kota ini berhasil menjadi tempat yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan dari seluruh dunia, seperti yang dirilis oleh Forbes.com, Senin (9/1/2017).

Menurut indeks yang dikeluarkan oleh Mastercard’s Global Destination Cities Index, kota yang menempati urutan teratas dengan kunjungan terbanyak adalah Bangkok. Ternyata, ibukota Thailand ini berhasil dikunjungi oleh 21,5 juta wisatawan yang menginap paling kurang satu malam pada tahun 2016. Sedangkan kota besar lainnya seperti London, hanya memiliki 19,9 juta orang di urutan kedua.

Pusat fashion dunia Paris, hanya memiliki 18 juta orang yang berkunjung dan menginap selama perjalanan, sehingga menempatkannya pada posisi ketiga. Kota besar lainnya yang masuk dalam daftar ini adalah Dubai dengan 15,27 juta orang di posisi empat, New York dengan 12,75 juta orang di posisi lima, dan peringkat enam ditempati Negeri Jiran, Singapura. Menyusul di bawahnya Kuala Lumpur, Istanbul, Tokyo, dan Seoul sebagai 10 besar.

Bagaimana dengan Jakarta? Sayangnya, Ibukota Republik Indonesia ini belum bisa menyaingi jumlah wisatawan yang datang ke Singapura dan Kuala Lumpur pada tahun 2016. Jakarta hanya tercatat di urutan ke 66 dengan pengunjung lebih dari 1 juta. Riset dari Mastercard ini menunjukkan Jakarta, hanya mengumpulkan 1,55 juta wisatawan yang menginap dalam perjalanan mereka.