Sukses

5 Bahan Alami untuk Mencerahkan Siku dan Lutut

Liputan6.com, Jakarta Siku dan lutut menjadi salah satu bagian tubuh yang terkadang sering terlupakan untuk dirawat, sehingga menjadi kering dan kusam. Selain itu, warna hitam pada siku dan lutut bisa membuat Anda menjadi tak percaya diri, bukan?

Penyebab siku dan lutut berwarna hitam adalah karena lapisan kulit yang lebih tebal dibandingkan dengan bagian tubuh lain. Semakin tebal lapisan tersebut akan semakin banyak pula pigmen kulit yang menumpuk.

Oleh karena itu, bagian siku dan lutut perlu dirawat agar tidak menjadi kusam dan tampak lebih cerah. Dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (12/1/2017) ada 5 bahan-bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk membuat siku dan lutut tampak lebih cerah.

1. Lemon
Lemon memang sudah dikenal sebagai salah satu bahan alami yang dapat mencerahkan kulit. Jika biasanya lemon digunakan untuk mencerahkan kulit wajah, hal ini juga bisa Anda lakukan pada siku dan lutut. Iris satu buah lemon dan gosokkan perlahan pada bagian siku dan lutut. Kemudian, bilas dengan air hingga bersih.

2. Petroleum Jelly
Bahan alami yang satu ini merupakan salah satu bahan yang bisa membantu permasalahan kulit tubuh. Anda dapat mengoleskan petroleum jelly pada siku dan lutut sehabis mandi dan sebelum tidur. Petroleum jelly pun mampu melembapkan siku dan lutut yang kering.  

3. Yogurt
Ternyata yogurt juga bisa menjadi salah satu bahan alami yang dapat mencerahkan sekaligus melembapkan siku dan lutut. Ambil satu sendok makan yogurt tanpa rasa, lalu campurkan dengan perasan jeruk nipis dan bubuk almond. Aplikasikan pada siku dan lutut dengan gerakan memutar perlahan. Kemudian, jangan lupa membilasnya dengan air hingga bersih.

4. Minyak zaitun
Coba campurkan minyak zaitun dan air hangat secukupnya, aduk sebentar dan aplikasikan pada siku dan lutut dengan menggunakan spons lembut. Hal ini berguna untuk menghilangkan kotoran dan sel-sel kulit mati yang ada pada siku dan lutut.

5. Kunyit
Bahan dapur yang satu ini ternyata bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah siku dan lutut yang hitam. Caranya cuku dengan menghaluskan kunyit, lalu campurkan dengan perasan air jeruk dan madu. Kemudian, oleskan pada bagian siku dan lutut secara perlahan. Lalu, bilas dengan air hangat.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa melakukan perawatan ini minimal dua minggu sekali dengan tidak lupa memakai body lotion setiap kali sehabis melakukan perawatan tersebut. Selamat mencoba!

Artikel Selanjutnya
8 Perawatan Sederhana untuk Atasi Kaki Kering dan Bersisik
Artikel Selanjutnya
9 Bahan Alami untuk Atasi Tumit Kaki Kering dan Pecah-pecah