Sukses

Meski Harga Cabai Naik, 5 Sajian Autentik Ini Tetap Juara

Liputan6.com, Jakarta Harga cabai yang terus merangkak naik, tentu akan menjadi masalah besar bagi masyarakat Indonesia yang sangat suka makanan pedas. Bahkan beberapa makanan tradisional, juga menggunakan cabai sebagai penyedap rasa yang ampuh membangkitkan selera para penikmatnya. Inilah 5 makanan pedas Indonesia yang tetap menggoda meski harga cabai naik.

Ayam Rica-Rica, Sulawesi Utara

Ayam rica-rica. (Foto: Kokiku Tv)
Siapa yang tidak kenal dengan ayam rica-rica dari Manado ini? Selain ayamnya yang nikmat, rica alias cabai yang dipakai bisa membakar lidah Anda. Kenikmatan Ayam Rica-Rica ini sudah diakui seantero negeri hingga menjadi inspirasi masakan pedas lainnya. Tak hanya Ayam, daging lainnya juga bisa dimasak dengan bumbu rica, seperti Babi Rica-Rica yang banyak diminati wisatawan.

Itiak Lado Ijau, Sumatera Barat

Itiak Lado Ijau (foto : cookpad.com)
Siapa sangka, di balik kata-kata balado yang ada di setiap kuliner Minangkabau, ada masakan paling juara rasa pedasnya. Inilah Itiak Lado Ijau dari kawasan Bukittinggi yang terkenal dengan kepedasan luar biasa. Meski menggunakan cabai hijau dalam pembuatannya, tetap saja pedasnya membuat Anda ketagihan. Gurihnya itik bercampur dengan eksotisnya rasa cabai yang disantap degan nasi putih hangat, membuat nafsu makan mencapai puncaknya.

1 dari 2 halaman

Seblak, Jawa Barat

Seblak Basah. foto: blog.misteraladin.com

Jajanan pinggir jalan yang populer di Kota Bandung ini ternyata menjadi salah satu kuliner pedas yang wajib dicoba. Bertabur lada dan cabai, seblak wajib dicoba dalam keadaan yang dingin. Karena ketika seblak dimakan pada keadaan panas, tentu saja makanan ini akan membakar lidah Anda. Hati-hati juga, terlalu banyak memakan seblak akan membuat Anda ketagihan mencobanya lagi dan lagi.

Plecing Kangkung, Bali dan Nusa Tenggara

Menu sayur plecing kangkung khas Bali. (Liputan6.com/Dewi Divianta)
Sering disandingkan dengan Ayam Taliwang dari Lombok, Plecing Kangkung tidak kehilangan pesonanya sebagai makanan pedas yang patut dicoba. Terbuat dari kangkung rebus yang segar ditambah plecing atau cabai giling di atasnya. Tentu saja paduan rasa yang dihasilkan menjadi luar biasa, karena pedasnya cabai ditambah rasa gurih kangkung rebus membuat Anda jatuh cinta untuk menikmatinya kembali.

Oseng Mercon, Yogyakarta

[Bintang] Pecinta Kuliner Pedas? Wajib Masak Oseng-oseng Mercon
Meski banyak yang percaya orang di pulau Jawa suka dengan makanan manis, tetap saja kejayaan cabai tergambarkan dalam Oseng Mercon yang pedas di Yogyakarta. Paduan berbagai daging seperti sapi, ayam, dan kikil ditambah dengan cabai yang benar-benar pedas berhasil membuat pecinta kuliner ketagihan. Tapi jangan lupa, makan Oseng Mercon harus bertemu sahabat terbaiknya, nasi putih hangat.