Sukses

Traveling Sendiri? Waspada 5 Penipuan yang Sering Mengintai Anda

Liputan6.com, Jakarta Traveling sendiri memiliki berbagai tantangan yang luar biasa, mulai dari keberanian hidup di tempat yang baru, perencanaan yang tepat, hingga melakukan semuanya sendirian. Namun kekhawatiran ini belum selesai ketika Anda menginjak tempat tujuan yang diidamkan. Banyak sekali penipuan yang terjadi pada wisatawan yang menjelajahi daerah baru. Inilah 5 penipuan yang sering mengintai Anda, seperti yang dirilis dari huffingpost.com, Rabu (11/1/2017).

Pura-pura menabrak kemudian mencopet dompet
Ditengah keramaian objek wisata, banyak orang yang berlalu lalang membawa berbagai barang berharga mereka, terutama dompet. Ternyata keramaian ini dimanfaatkan dengan baik oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Mereka tidak akan segan menabrak Anda yang tidak waspada dengan barang-barang berharga di keramaian. Setelah itu mereka akan meminta maaf sambil mencopet dompet Anda, tentu saja hal ini tidak diinginkan, bukan? Selalu siaga dengan keberadaan Anda dan barang-barang berharga menjadi salah satu cara selamat dari penipuan in.

Penipuan ATM
Traveling sendiri memang perlu kewaspadaan tinggi, hingga berada di depan ATM sebelum mengambil uang untuk kebutuhan Anda. Banyak ATM di luar negeri yang posisinya berada di luar ruangan, sehingga mudah dimodifikasi untuk penipuan. Mulai dari scanner kartu palsu, pemindai pin di keyboard ATM, hingga ATM palsu yang beredar di kota-kota besar. Untuk itu, pilihlah ATM yang berada di kawasan aman, dekat dengan bank, dan banyak orang yang menggunakan untuk kemanan selama traveling sendiri.

Penipuan ongkos jalan
Banyak traveler yang paham dengan urusan ini, karena banyak kendaraan tradisional di berbagai negara yang mematok harga lebih tinggi dari seharusnya ketika menggunakan jasa mereka. Salah satunya adalah tuktuk hingga taksi abal-abal. Untuk menghindari kasus ini, tanyakan terlebih dahulu ongkos yang harus dibayar dan sedia GPS untuk memantau posisi Anda agar sampai di tempat tujuan dengan selamat.

Penipuan tiket
Keinginan traveling sendiri ke luar negeri memang menjadi impian generasi muda saat ini. Tentunya keinginan ini disambut baik oleh para penipu di luar sana, yang berani memberikan tiket murah untuk perjalanan Anda. Banyak sekali orang yang tertipu oleh iming-iming ini sehingga uang tabungan yang mereka sediakan untuk traveling lenyap dalam sekali transfer. Untuk itu, pastikan Anda memilih agen yang tepat untuk berpergian dan tanya detail perjalanan sejak pertama ditawarkan tiket perjalanan.

Penipuan konversi uang
Banyak sekali orang yang jarang memperhatikan konversi uang saat mereka berpergian. Padahal banyak sekali penipuan yang hadir melalui jalan ini seperti menawarkan harga lebih rendah dari pada yang seharusya di tempat penukaran uang. Cara lainnya adalah memaksa orang membayar dengan US dolar sehingga selisih harganya lebih tinggi. Untuk itu, pintar-pintarlah membelanjakan uang dan periksa selalu konversi nilai mata uang ketika traveling sendirian.