Sukses

4 Hal Seru yang Harus Anda Lakukan Saat Berlibur ke Banda Neira

Banda Neira merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Indonesia yang menawarkan beragam pengalaman wisata menakjubkan.

Liputan6.com, Jakarta Banda Neira merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Indonesia yang menawarkan beragam pengalaman wisata menakjubkan. Bahkan keindahan alam salah satu pulau di Kepulauan Banda, Maluku, ini telah diabadikan di lembar uang rupiah baru. Bukan hanya tersohor di Indonesia, pulau penghasil buah pala ini bahkan juga terkenal hingga ke daratan Eropa. 

Bagi Anda yang ingin menjamahi keindahan Banda Neira dalam waktu dekat, berikut beberapa hal seru yang harus Anda lakukan, seperti yang disusun Liputan6.com, Senin (16/1/2017). 

1. Snorkeling dan Diving
Snorkeling dan diving tentu jadi hal wajib yang harus dilakukan untuk menghabiskan waktu liburan ke pulau yang memiliki pesona bawah laut nan eksotis. Spot snorkeling favorit di Banda Neira adalah Lava Flow. Di spot ini terdapat banyak biota laut, seperti terumbu karang yang indah dan ikan laut yang lucu dan menggemaskan. Selesai ber-snorkeling atau diving, Anda pun bisa mampir ke pulau-pulau lain yang berada dekat dengan Banda Neira seperti pulau Hatta, pulau Sjahrir, Pulau Rhun, dan Pulau Neilaka dengan menggunakan speedboat.

2. Wisata Sejarah
Tak hanya wisata alam, Banda Neira pun dikenal pula sebagai kawasan bersejarah bagi Indonesia. Selain karena dulu berfungsi sebagai pusat perdagangan buah pala di pertengahan abad ke-19, pulau ini pun dulu dijadikan lokasi pengasingan tokoh penting negara, Bung Hatta. Anda bisa mengunjungi Rumah Pengasingan Bung Hatta, Rumah Captain Cole, dan masih banyak lagi. Sebagai tempat yang terkenal dengan hasil rempah-rempahnya, di sini pun terdapat tur sejarah rempah.

Tempat wisata sejarah lain yang harus dikunjungi adalah dua benteng bersejarah yang dibangun oleh bangsa penjajah, yaitu Benteng Nassau dan Benteng Belgica. Selain menapaki jejak sejarah, di benteng ini pun Anda bisa melihat dengan jelas pemandangan indah Pulau Banda Neira. Jangan lupa untuk mengabadikan keindahan tersebut ke layar kamera Anda.

3. Mendaki Gunung
Mendaki gunung pun menjadi salah satu aktivitas seru yang harus Anda lakukan saat berada di Banda Neira. Anda bisa  mengunjungi Pulau Gunung Api yang berada di Kepulauan Banda Neira ini. Trek Gunung Api yang berada di pulau ini tak akan sulit untuk dilalui oleh pendaki pemula. Ketinggiannya hanya 666 mdpl, sehingga hanya membutuhkan waktu mendaki 1,5 sampai 2 jam untuk bisa mencapai puncak gunung.  Dari puncak gunung ini Anda dapat melihat keindahan Banda Neira dengan lebih jelas lagi. Waktu terbaik untuk mendaki adalah waktu subuh sebab Anda akan bisa menyaksikan keindahan pemandangan matahari terbit.

4. Wisata Kuliner
Kegiatan wisata tak lengkap kalau tak diselingi dengan jelajah kuliner. Cobalah berbagai menu khas yang ada di Banda Naira. Kuliner yang cukup populer adalah terong saus kenari dan roti bakar selai pala. Selai pala ini bisa juga Anda bawa sebagai oleh-oleh keluarga setelah berlibur dari Banda Neira.

Ke manapun destinasi liburan Anda, cek selalu Reservasi.com dan dapatkan diskon tiket pesawat serta hotel hingga jutaan rupiah setiap harinya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini