Sukses

6 Fakta yang Harus Anda Ketahui Tentang Shio Ayam 2017

Liputan6.com, Jakarta Selain 12 zodiak menurut bulan kelahiran, ada zodiak Tiongkok atau biasa disebut shio yang juga banyak mempengaruhi puisi, karya seni, dan arsitektur budaya Tiongkok. Tahun ini adalah waktunya bagi shio ayam untuk muncul ke permukaan.

Dilansir dari chinahighlights.com, Sabtu (7/1/2017), berikut ini adalah beberapa fakta yang harus Anda ketahui sebelum menghadapi tahun Ayam Api. 

1. Tahun ayam tidak dimulai dari 1 Januari
Menurut kalender surya tradisional Tiongkok, satu tahun dalam shio ayam dimulai dari musim semi dan musim semi ini dimulai pada 3 Februari 2017. Namun, kebanyakan orang Tiongkok cenderung mengikuti kalender lunar tradisional yang menyebutkan bahwa shio ayam dimulai pada 28 Januari.

2. Ayam jantan tidak akan beruntung di tahun 2017 ini
Menurut astrologi Tiongkok, orang-orang yang memiliki shio di tahunnya menyinggung Tuhan dan akan terkena kutukan. Tahun ini diyakini sebagai waktunya bagi ayam jantan atau orang-orang yang lahir di tahun 1945, 1957, 1969, 1981, 1993, 2005, dan seterusnya.

3. Shio ayam di tahun 2017 memiliki 2 musim semi
Dalam tahun lunar 2017, sebenarnya musim semi dimulai dua kali, namun menurut kalender surya tradisional Tiongkok, musim semi selalu dimulai dalam waktu dua hari, yaitu 3 dan 4 Februari.

4. Ada 13 bulan dalam satu tahun di shio ayam 2017
Untuk menjaga kalender lunar Tiongkok dalam setengah bulan kalender surya tradisional akan ada bulan kabisat di tahun 2017, sehingga akan ada 13 bulan lunar, bukan 12, yang berarti ada 384 hari di tahun ini.

5. Ayam adalah simbol 5 kebijakan
Ayam jantan sangat penting dalam kehidupan sehari-hari pada masyarakat zaman kuno. Ayam jantan tidak hanya diperlakukan sebagai makanan, namun juga maskot. Ayam jantan juga dipercaya memiliki lima kebijakan, yaitu sastra, kekuatan militer, berani, baik hati, dan bisa dipercaya.

6. Waktu terbaik adalah pukul 5 sampai 7 pagi
Di zaman kuno, masyarakat tidak memiliki jam tangan atau jam dinding, sehingga mereka menggunakan 12 cabang bumi untuk membagi hari menjadi 12 periode dua jam. Setiap periode dinamai cabang bumi yang berbeda.

Demi kenyamanan, masyarakat kemudian menggantinya dengan 12 tanda zodiak sesuai urutan, berhubungan dengan perilaku masing-masing hewan. Pukul 5 sampai dengan 7 pagi adalah waktunya bagi ayam jantan untuk kembali ke kandang.

 

Artikel Selanjutnya
Hindari 5 Topik Diskusi Ini Saat di Tempat Kerja
Artikel Selanjutnya
Tak Punya Passion? Kenali Keahlian Anda Dengan Cara Berikut