Sukses

Katakan Selamat Tinggal pada Rambut Berminyak Hanya Dalam 5 Hari

Liputan6.com, Jakarta Rambut berminyak merupakan permasalahan yang kerap dihadapi oleh banyak orang. Namun, untuk mengatasinya, Anda tidak dapat serta merta sering mencuci rambut. Sebab, itu justru dapat membuat rambut lebih mudah berminyak.

Mencuci rambut memang akan menghilangkan minyak, tetapi itu justru akan memicu kelenjar minyak memproduksi lebih banyak minyak. Maka, Anda membutuhkan cara yang tepat untuk mengurangi minyak tanpa keramas.

Anda sebenarnya dapat mengatur minyak di kulit kepala dengan merawatnya. Dengan mengikuti cara ini, maka kulit kepala akan menyesuaikan dan dengan sendirinya produksi minyak pun akan berkurang. Berikut caranya seperti dikutip dari Byrdie, Jumat (13/1/2017).

Hari pertama: keramas
Ini adalah saatnya Anda membersihkan rambut Anda dari debu, kotoran, minyak, dan sisa-sisa produk styling. Anda juga dapat menambahkan conditioner yang memberikan nutrisi pada rambut. Jika rambut sangat lepek, Anda dapat memilih sampo dengan tekstur ringan yang tidak terlalu membebani rambut.

Hari kedua: dry shampoo
Rambut sudah mulai berminyak? Tahan diri untuk tidak keramas dulu. Jika Anda harus memperbaiki penampilan karena rambut yang sudah mulai tidak sedap dipandang, maka Anda bisa menggunakan produk dry shampoo untuk menyerap kelebihan minyak di rambut.

Hari ketiga: akali tata rambut
Rambut Anda mungkin sudah terlihat lepek dan kotor pada hari ini, tetapi keramas pada hari ini tidak akan melatih kulit kepala Anda untuk mengontrol minyak. Solusinya, Anda bisa menata rambut untuk menyembunyikan rambut lepek dan kotor Anda. Misalnya dengan mengikatnya dengan gaya messy look.

Hari keempat: bilas dengan cuka apel
Ini akan menjadi hari terakhir Anda tidak keramas. Namun untuk menghilangkan kotoran dan ketombe yang mungkin sudah mulai timbul, Anda dapat membilas rambut dengan cuka apel dan air hangat. Cuka apel bermanfaat untuk menstabilkan pH pada kulit kepala dan membersihkannya.

Hari kelima: keramas lagi
Akhirnya sampo dan rambut bertemu lagi. Namun, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda sebaiknya mengulangi proses ini sampai rambut dan kulit kepala benar-benar mampu mengontrol minyak dengan sendirinya.