Sukses

Ini Alasan Mengapa Sisir Rambut Anda Tidak Boleh Kotor

Sisir yang Anda gunakan setiap hari cepat menjadi kotor jika Anda tidak rajin membersihkannya. Apa saja risiko dari sisir rambut yang kotor?

Liputan6.com, Jakarta Rambut adalah mahkota bagi setiap wanita. Bagi pria, rambut juga merupakan anggota tubuh yang tidak bisa dianggap remeh. Rambut sangat menunjang penampilan seseorang. Perbedaan model dan tatanan rambut saja sudah bisa mempengaruhi bentuk wajah seseorang.

Oleh sebab itu, sisir yang kita gunakan sebagai alat untuk merapikan dan menata rambut kita setiap hari harus bebas kuman dan dipastikan bersih. Mengapa? Dikutip dari goodhousekeeping.com, Rabu (11/1/2017) berikut alasannya:

“Seperti semua alat-alat kecantikan lainnya yang Anda miliki, sisir dapat menjadi kotor setelah penggunaan berulang-ulang, terutama jika Anda menggunakan produk styling pada rambut Anda," kata seorang ahli dermatologi bedah, Sejal Shah, MD.

Selain itu, bukan hanya helaian rambut dan sisa-sisa produk rambut yang dapat menyumbat sisir Anda, tetapi juga debu, sel-sel kulit mati, dan minyak pun dapat menumpuk juga. Penumpukan kotoran pada sikat rambut tersebut dapat menyebabkan bakteri berkembang biak, sehingga akan menimbulkan risiko infeksi di kulit kepala.

Kuman yang ada pada sisir dapat membuat sikat pada sisir bekerja dengan tidak baik. Sisir yang kotor, akan membiarkan semua penumpukan kuman kembali ke helai rambut dan kulit kepala Anda, membuat rambut terlihat berminyak dan lepek serta membuat Anda melakukan keramas berulang kali. Bersihkan sisir Anda secara rutin, setidaknya setiap seminggu sekali. 

(Odilia Hana Santoso)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini