Sukses

4 Alasan Anak-Anak Terkadang Lebih Kreatif daripada Orang Dewasa

Liputan6.com, Jakarta Tanpa disadari, ternyata anak-anak memiliki tingkat kecerdasan dan kreativitas yang tidak kalah dari orang dewasa. Sebagai buktinya, berikut hal-hal yang dilakukan anak-anak yang memperlihatkan bahwa mereka memang kreatif seperti dilansir dari inc.com, Selasa (10/1/2017)

1. Terus mencoba walaupun gagal berulang kali
Sifat anak-anak adalah selalu ingin tahu akan segala hal. Itulah sebabnya jika gagal anak-anak akan senantiasa terus menerus mencoba dan mencoba lagi sampai berhasil. Hal ini akan terus mengasah kreativitasnya sampai benar-benar menemukan hal yang diinginkannya.

2. Tidak menggunakan logika berpikir
Anak kecil belum menggunakan logika dalam berpikir, melainkan menggunakan naluri atau insting dan perasaan. Anak kecil biasanya meniru apa yang dilihatnya. Dalam hal ini, logika tidak membatasi anak-anak untuk melakukan hal-hal baru di luar batas wajar, sehingga anak-anak dinilai lebih kreatif dari orang dewasa yang secara pemikirannya sudah dibatasi dengan akal logika.

3. Selalu bertanya
Malu bertanya sesat di jalan. Sudah pasti pepatah tersebut tidak asing lagi di telinga Anda. Orang yang berani bertanya pasti akan lebih berilmu dan juga kreatif. Anak-anak adalah pribadi yang paling suka mengajukan pertanyaan. Rasa keingintahuan anak-anak itu sangat besar dan harus terjawab. Jika tidak, mereka akan tetap bertanya sampai mendapatkan jawaban atas rasa penasaran mereka.

4. Terus mencoba hal-hal yang kelihatannya tidak mungkin.
Hal ini adalah gabungan dari ketiga poin di atas. Karena rasa keingintahuan mereka yang besar, anak-anak akan terus mencoba hal-hal kreatif yang kelihatannya di luar logika sewajarnya sampai berhasil, meskipun sudah gagal berulang kali. Sifat pantang menyerah dan optmisme ini yang dapat orang dewasa pelajari dari anak-anak.

(Odilia Hana Santoso)

Artikel Selanjutnya
Ibu Ini Ajarkan, Tak Selamanya Anak Harus Berbagi
Artikel Selanjutnya
7 Perilaku Anak yang Berbahaya bila Diabaikan